Rabu, 31 Desember 2014

PENERAPAN PROMKES DI RUMAH TANGGA (KELUARGA)



A.    PENDAHULUAN
Promosi Kesehatan pada prinsipnya merupakan upaya pemberdayaan masyarakat untuk tahu, mau dan mampu berperilaku hidup bersih dan sehat. Banyak permasalahan kesehatan di Indonesia dapat dicegah melalui kegiatan promosi kesehatan. Namun, proses perubahan perilaku di masyarakat tidaklah mudah, maka perlu dikembangkan strategi serta langkah-langkah yang dapat mendukung upaya pemberdayaan masyarakat agar mampu berperilaku hidup bersih dan sehat.
Pentingnya peranan promosi kesehatan dalam pembangunan kesehatan telah diakui oleh berbagai pihak, oleh sebab itu didalam Grand Strategy Departemen Kesehatan yang tertuang pada Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor 457 Tahun 2008, telah ditetapkan Visi pembangunan kesehatan adalah: “Masyarakat yang Mandiri untuk Hidup Sehat” serta Misi: “Membuat Masyarakat Sehat” dengan Strategi: “Menggerakkan dan Memberdayakan Masyarakat Untuk Hidup Sehat”. Secara makro paradigma  sehat berarti semua sektor memberikan kontribusi positif bagi pengembangan perilaku dan lingkungan sehat, secara mikro berarti pembangunan kesehatan lebih menekankan upaya promotif dan preventif melalui pemberdayaan masyarakat.
Pemberdayaan masyarakat harus dimulai dari rumah tangga atau keluarga, karena rumah tangga yang sehat merupakan aset atau modal pembangunan di masa depan yang perlu dijaga, ditingkatkan dan dilindungi kesehatannya.
Beberapa anggota rumah tangga mempunyai masa rawan terkena penyakit menular dan penyakit tidak menular, oleh karena itu untuk mencegah penyakit tersebut, anggota rumah tangga perlu diberdayakan untuk melaksanakan PHBS  (Depkes, 2009)
1.      KONSEP-KONSEP KUNCI
a.       Pengertian Promosi Kesehatan
b.      Sasaran Promosi Kesehatan
c.       Pengertian Rumah Tangga
d.      Fungsi Keluarga dalam Perawatan Kesehatan
e.       Penerapan Promosi Kesehatan di Rumah Tangga
2.      PETUNJUK
a.       Pelajari materi BAB XIII dengan tekun dan disiplin
b.      Penyajian setiap BAB meliputi: judul BAB dan konsep-konsep kunci, petunjuk, kerangka isi, tujuan pembelajaran umum, tujuan pembelajaran khusus, paparan materi, tugas dan latihan, rangkuman, dan soal-soal akhir BAB yang disertai dengan kunci jawaban
c.       Dalam uraian materi terdapat test sambil jalan. Test ini dapat menjadi tuntunan pembaca dalam memahami uraian bahan ajar bagian demi bagian
d.      Kerjakan soal-soal latihan dan soal akhir BAB dengan tekun dan disiplin
e.       Bacalah sumber-sumber pendukung untuk memperdalam pengetahuan dan wawasan anda
f.       Ikuti turutan penyajian setiap BAB tahap demi tahap
g.      Selamat belajar, semoga sukses
3.      TUJUAN PEMBELAJARAN
a.       Tujuan Pembelajaran Umum
Mahasiswa mampu memahami tentang penerapan promosi kesehatan di rumah tangga
b.      Tujuan Pembelajaran Khusus
Mahasiswa mampu memahami tentang:
1)      Penjelasan Pengertian Promosi Kesehatan
2)      Penjelasan Sasaran Promosi Kesehatan
3)      Penjelasan Pengertian Rumah Tangga
4)      Penjelasan Fungsi Keluarga dalam Perawatan Kesehatan
5)      Penjelasan Penerapan Promosi Kesehatan di Rumah Tangga

B.     PENYAJIAN MATERI
a.      Pengertian Promosi Kesehatan
Promosi kesehatan sebagai bagian atau cabang dari ilmu kesehatan, juga mempunyai dua  sisi, yakni sisi ilmu dan seni. Dari sisi seni, yakni praktisi atau aplikasi promosi kesehatan, merupakan penunjang bagi program-program kesehatan lain. Artinya setiap program kesehatan, misalnya pemberantasan penyakit, perbaikan gizi masyarakat, sanitasi lingkungan, kesehatan ibu dan anak, program pelayanan kesehatan, dan sebagainya, perlu ditunjang atau dibantu oleh promosi kesehatan
Promosi kesehatan merupakan revitalisasi pendidikan kesehatan. Promosi kesehatan bukan hanya proses penyadaran masyarakat atau pemberian dan peningkatan pengetahuan masyarakat tentang kesehatan saja, tetapi juga disertai upaya-upaya memfasilitasi perubahan perilaku. Hal ini berarti bahwa promosi kesehatan adalah program kesehatan yang dirancang untuk perubahan (perbaikan), baik di dalam masyarakat sendiri, maupun dalam organisasi dalam lingkungannya (lingkungan fisik, social budaya, politik, dan sebagainya).
b.      Sasaran Promosi Kesehatan
Berdasarkan pentahapan upaya promosi kesehatan ini, maka sasaran dibagi dalam 3 kelompok sasaran, antara lain:
·         Sasaran Primer (Primary Target)
Masyarakat pada umumnya menjadi sasaran langsung segala upaya pendidikan atau promosi kesehatan. Sesuai dengan permasalahan kesehatan, maka sasaran ini dapat dikelompokkan menjadi: kepala keluarga untuk masalah kesehatan umum, ibu hamil dan menyusui untuk masalah KIA (kesehatan ibu dan anak), anak sekolah untuk kesehatan remaja, dan sebagainya. Upaya promosi yang dilakukan terhadap sasaran primer ini sejalan dengan strategi pemberdayaan masyarakat.
·         Sasaran Sekunder (Secondary Target)
Yang termasuk sasaran sekunder antara lain para tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, dan sebagainya.
·         Sasaran Tersier (Tertiary Target)
Para pembuat keputusan atau penentu kebijakan baik di tingkat pusat, maupun daerah adalah sasaran tersier promosi kesehatan
c.       Pengertian Rumah Tangga
Keluarga atau rumah tangga adalah unit masyarakat terkecil. Oleh sebab itu untuk mencapai perilaku masyarakat yang sehat harus dimulai di masing-masing keluarga. Orang tua (ayah dan ibu) merupakan sasaran utama dalam promosi kesehatan pada tatanan ini. Karena orang tua, terutama ibu, merupakan peletak dasar perilaku dan terutama perilaku kesehatan bagi anak-anak mereka. Keluarga merupakan tempat dasar berkembangnya perilaku manusia.
Ada beberapa ahli yang menjelaskan, bahwa kata tangga dalam rumahtangga berarti susunan atau tingkat, mungkin semacam hirarki, baik hirarki tanggungjawab, hirarki wewenang, hirarki kepatuhan, dan sebagainya. Jadi, dengan menganggap bahwa tangga adalah susunan, maka para pemikir menjelaskan bahwa dalam rumahtangga harus ada susunan dan tingkatan wewenang dan tanggungjawab yang diatur dan dikelola dengan baik sehingga tercipta harmoni yang apik.
d.      Fungsi Keluarga dalam Perawatan Kesehatan
Fungsi keluarga yang penting dalam kesehatan adalah fungsi perawatan kesehatan.
Kesanggupan keluarga melaksanakan pemeliharaan kesehatan terhadap anggotanya dapat dilihat dari tugas kesehatan keluarga yang dilaksanakan. Tugas kesehatan keluarga tersebut adalah (Frieman, 1998):
·         Mengenal masalah kesehatan
·         Mengambil keputusan untuk melakukan tindakan yang tepat
·         Memberi perawatan pada anggota keluarga yang sakit
·         Mempertahankan suasana rumah yang sehat
·         Menggunakan fasilitas kesehatan yang ada di masyarakat
e.       Penerapan Promosi Kesehatan di Rumah Tangga
Dalam mewujudkan visi Indonesia Sehat telah ditetapkan pembangunan nasional berwawasan kesehatan. Untuk melaksanakan pembangunan kesehatan tersebut diperlukan pendekatan Promosi Kesehatan. Untuk mewujudkan perilaku hidup bersih dan sehat ditetapkan visi Nasional Promosi Kesehatan yaitu “Perilaku Hidup Bersih dan Sehat”. Dalam implementasinya Promosi Kesehatan didukung oleh tiga strategi yaitu pemberdayaan masyarakat, bina suasana dan advokasi.
Kesehatan merupakan salah satu faktor penting dalam menentukan kualitas sumber daya manusia, oleh karena itu perlu dipelihara dan ditingkatkan. Status kesehatan masyarakat antara lain ditentukan oleh Angka Kematian Ibu (AKI), Angka Kematian Bayi (AKB) dan Umur Harapan Hidup (UHH).
Angka kematian ibu yang tinggi sangat erat kaitannya dengan ditolong tidaknya persalinan oleh tenaga kesehatan. Sedangkan penyebab langsung kematian bayi terbanyak disebabkan karena pertumbuhan janin yang sangat lambat, kekurangan janin pada bayi, kelahiran premature dan berat bayi rendah.
Sedangkan untuk penyebab tidak langsung adalah kurangnya ibu yang memberikan ASI secara eksklusif, sehingga banyak bayi yang mudah terkena penyakit infeksi seperti diare dan ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Akut).
Perubahan tingkat kesehatan juga memicu transisi epidemiologi penyakit, yakni bertambahnya penyakit degenerasi atau dikenal dengan penyakit tidak menular (PTM). Saat ini PTM seperti penyakit jantung, stroke, hipertensi, diabetes mellitus merupakan penyebab utama kematian dan ketidakmampuan fisik yang diderita oleh masyarakat Indonesia bahkan dunia. Terjadinya PTM ternyata telah mempunyai prakondisi sejak dalam kandungan dan masa pertumbuhan seperti berat bayi  lahir rendah, kurang gizi dan terjadinya infeksi berulang, juga diperberat oleh perilaku tidak sehat. Perilaku tidak sehat yang saat ini menjadi tren gaya hidup masyarakat antara lain merokok, kurang aktivitas fisik dan kurang mengkonsumsi buah dan sayur.
Permasalahan di atas dapat di cegah dengan melaksanakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat khususnya di rumah tangga. Ini karena anggota rumah tangga merupakan asset yang sangat potensial untuk diberdayakan dalam menjaga memelihara kesehatan.
Pengertian PHBS adalah sekumpulan perilaku yang dipraktikkan atas dasar kesadaran sebagai hasil pembelajaran yang menjadikan seseorang, keluarga, atau masyarakat mampu menolong dirinya sendiri (mandiri) di bidang kesehatan dan berperan aktif dalam mewujudkan kesehatan.
Jumlah PHBS yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari pun sangat banyak, bahkan bisa mencapai ratusan. Misalnya tentang mengkonsumsi multi vitamin, istirahat yang cukup, membuang sampah pada tempatnya, hingga mampu mengendalikan emosi diri. Sedangkan yang akan dibahas disini adalah PHBS dalam lingkungan rumah tangga.
1)      Pengertian PHBS di Rumah Tangga 
PHBS di Rumah Tangga adalah upaya unutk memperdayakan anggota rumah tangga agar tahu, mau dan mampu mempraktikan perilaku hidup bersih dan sehat serta berperan aktif dalam gerakan kesehatan di masyarakat.
2)      Landasan Hukum Pembinaan PHBS di Rumah Tangga
Pembinaan PHBS di Rumah Tangga telah menjadi bagian dari Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan sejak tahun 2005. Landasan hukum pembinaan PHBS:
·         Undang-undang No. 10 Tahun 1992 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pemberdayaan Keluarga Sejahtera.
·         Undang-undang No. 23 Tahun 199 tentang Kesehatan.
·         Undang-undang No. 32 Tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah.
·         Peraturan Pemerintah No. 25 Tahun 2000 tentang Kewenangan Pemerintah dan Kewenangan Provinsi sebagai Daerah Otonom
·         Peraturan Pemerintah No. 76 Tahun 2001 tentang Pedoman Umum Pengaturan Mengenai Desa dan Kelurahan.
·         Peraturan Pemerintah No. 65 Tahun 2005 tentang Kewenangan Wajib Standar Pelayanan Minimal di Bidang Kesehatan.
·         Keputusan Menteri dalam Negeri dan Otonomi Daerah No. 53 tahun 2000 tentang Gerakan Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga.
·         Keputusan menteri Kesehatan RI No. 1193/Menkes/SK/X/2004 tentang Kebijakan Nasional Promosi Kesehatan.
·         Keputusan Menteri Kesehatan RI No. 114/Menkes/SK/VIII/2005 tentang Pedoman Pelaksanaan Promosi Kesehatan di Daerah
3)      Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi PHBS Rumah Tangga adalah
·         Predisposing, adalah faktor-faktor yang mempermudah atau mempredisposisi terjadi perilaku seseorang, antara lain pengetahuan, sikap keyakinan, kepercayaan nilai-nilai, tradisi, disebut. 
·         Enabling, adalah faktor-faktor yang memungkinkan atau yang memfasilitas perilaku atau tindakan yang dimaksud dengan faktor pemungkin adalah sarana dan prasarana atau fasilitas untuk terjadinya perilaku kesehatan.
·         Reinforcing, adalah faktor-faktor yang mendorong atau memperkuat terjadinya perilaku, meskipun seseorang tahu dan mampu untuk berperilaku sehat, tetapi tidak melakukannya. 
4)      Sasaran PHBS utama di rumah tangga adalah seluruh anggota keluarga:

·         Pasangan usia subur
·         Ibu hamil dan menyusui
·         Anak dan remaja
·         Usia lanjut
·         Pengasuh anak

5)      Manfaat PHBS di Rumah Tangga:
·         Anggota keluarga meningkat kesehatannya dan tidak mudah sakit
·         Anak tumbuh sehat dan cerdas
·         Produktivitas anggota keluarga meningkat
·         Pengeluaran biaya dapat di alokasikan untuk pemenuhan gizi keluarga, pendidikan & modal usaha untuk peningkatan pendapatan
·         Mampu mengupayakan lingkungan sehat
·         Mampu mencegah & menanggulangi masalah kesehatan
·         Memanfaatkan pelayanan kesehatan yang ada
·         Mampu mengembangkan upaya kesehatan bersumber masyarakat seperti Posyandu, JPKM, tabungan bersalin, arisan jamban, kelompok pemakai air, ambulan desa
6)      Langkah langkah pembinaan PHBS di Rumah Tangga
Di Kabupaten Kota
·         Mengeluarkan kebijakan tentang pembinaan PHBS di Rumah Tangga melalui Tim Penggerak PKK di seluruh kecamatan dan desa/kelurahan
·         Sosialisasi pembinaan PHBS di Rumah Tangga kepada Tim Penggerak PKK
·         Mengadvokasi Bupati /Walikota /DPRD untuk memperoleh dukungan kebijakan dan dana bagi pembinaan PHBS di Rumah Tangga diseluruh kecamatan dan desa/kelurahan
·         Memantau kemajuan pelaksanaan pembinaan PHBS di Rumah Tangga dan pencapaian Rumah Tangga tingkat kabupaten /kota
·         Memberikan penghargaan terhadap Pelaksana Terbaik PHBS di Rumah Tangga tingkat kabupaten/kota

Di Kecamatan 
·         Mengeluarkan kebijakan tentang pembinaan PHBS di Rumah Tangga melalui Tim Penggerak PKK di seluruh desa /kelurahan
·         Sosialisasi pembinaan PHBS di Rumah Tangga kepada Tim Penggerak PKK desa /kelurahan dan organisasi masyarakat lainnya.
·         Mengadvokasi Camat dan lintas sektor terkait untuk memperoleh dukungan kebijakan dan dana bagi pembinaan PHBS di Rumah Tangga di seluruh desa/kelurahan
·         Menyusun rencana dan melaksanakan kegiatan pembinaan PHBS di Rumah Tangga berdasarkan prioritas masalah PHBS tingkat desa/kelurahan
·         Melatih TP-PKK desa/kelurahan dalam melaksanakan pembinaan PHBS di Rumah Tangga.
·         Memantau kemajuan pelaksanaan pembinaan PHBS di Rumah Tangga dan pencapaian Rumah Tangga diseluruh desa.
·         Mengirimkan hasil pengumpulan data PHBS di seluruh desa/kelurahan ke Dinasa Kesehatan kabupaten/kota untuk diolah lebih lanjut melalui Sistem Informsi Manajemen PHBS (SIM-PHBS).
·         Melaksanakan penilaian PHBS di Rumah Tangga tingkat desa/kelurahan.
·         Memberikan penghargaan terhadap Pelaksana Terbaik PHBS di Rumah Tangga tingkat desa/kelurahan.
Di Desa/Kelurahan

·         Sosialisasi PHBS di Rumah Tangga
·         Pengumpulan data PHBS di Rumah Tangga
·         Pengolahan Data dan Pemetaan PHBS
·         Perencanaan kegiatan
·         Penggerakan dan Pelaksanaan Kegiatan
·         Pemantauan dan Penilaian

7)      Terdapat 10 indikator PHBS di dalam rumah tangga, yakni:
a)      Persalinan ditolong oleh tenaga kesehatan : Yang dimaksud tenaga kesehatan disini seperti dokter, bidan dan tenaga paramedis lainnya. Hal ini dikarenakan masih ada beberapa masyarakat yang masih mengandalkan tenaga non medis untuk membantu persalinan, seperti dukun bayi. Selain tidak aman dan penanganannya pun tidak steril, penanganan oleh dukun bayi inipun dikhawatirkan berisiko besar dapat menyebabkan kematian ibu dan bayi.
b)      Memberi bayi ASI Eksklusif : Seorang ibu dapat memberikan buah hatinya ASI Eksklusif yakni pemberian ASI tanpa makanan dan minuman tambahan lain pada bayi mulai usia nol hingga enam bulan.
c)      Menimbang Balita setiap bulan : Penimbangan bayi dan Balita setiap bulan dimaksudkan untuk memantau pertumbuhan Balita tersebut setiap bulan. Penimbangan ini dilaksanakan di Posyandu (Pos Pelayanan Terpadu) mulai usia 1 bulan hingga 5 tahun. Setelah dilakukan penimbangan, catat hasilnya di buku KMS (Kartu Menuju Sehat). Dari sinilah akan diketahui perkembangan dari Balita tersebut.
d)     Menggunakan Air Bersih : Gunakan air bersih dalam kehidupan sehari-hari seperti memasak, mandi, hingga untuk kebutuhan air minum. Air yang tidak bersih banyak mengandung kuman dan bakteri yang dapat menyebabkan berbagai macam penyakit.
e)      Mencuci tangan pakai sabun : Mencuci tangan di air mengalir dan memakai sabun dapat menghilangkan berbagai macam kuman dan kotoran yang menempel di tangan sehingga tangan bersih dan bebas kuman. Cucilah tangan setiap kali sebelum makan dan melakukan aktifitas yang menggunakan tangan, seperti memegang uang dan hewan, setelah buang air besar, sebelum memegang makanan maupun sebelum menyusui bayi.
f)       Gunakan Jamban Sehat : Jamban adalah suatu ruangan yang mempunyai fasilitas pembuangan kotoran manusia yang terdiri atas tempat jongkok atau tempat duduk dengan leher angsa atau tanpa leher angsa (cemplung) yang dilengkapi dengan unit penampungan kotoran dan air untuk membersihkannya. Ada beberapa syarat untuk jamban sehat, yakni tidak mencemari sumber air minum, tidak berbau, tidak dapat dijamah oleh serangga dan tikus, tidak mencemari tanah sekitarnya, mudah dibersihkan dan aman digunakan, dilengkapi dinding dan atap pelindung, penerangan dan ventilasi udara yang cukup, lantai kedap air, tersedia air, sabun, dan alat pembersih.
g)      Memberantas jentik di rumah sekali seminggu : Lakukan Pemeriksaan Jentik Berkala (PJB) di lingkungan rumah tangga. PJB adalah pemeriksaan tempat perkembangbiakan nyamuk yang ada di dalam rumah, seperti bak mandi, WC, vas bunga, tatakan kulkas, dan di luar rumah seperti talang air, dll yang dilakukan secara teratur setiap minggu. Selain itu, juga lakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dengan cara 3 M (Menguras, Mengubur, Menutup).
h)      Makan buah dan sayur setiap hari : Konsumsi sayur dan buah sangat dianjurkan karena banyak mengandung berbagai macam vitamin, serat dan mineral yang bermanfaat bagi tubuh.
i)        Melakukan aktifitas fisik setiap hari : aktifitas fisik, baik berupa olahraga maupun kegiatan lain yang mengeluarkan tenaga yang sangat penting bagi pemeliharaan kesehatan fisik, mental, dan mempertahankan kualitas hidup agar tetap sehat dan bugar sepanjang hari.Jenis aktifitas fisik yang dapat dilakukan dalam kehidupan sehari-hari yakni berjalan kaki, berkebun, mencuci pakaian, dan lain-lainnya.
j)        Tidak merokok di dalam rumah : Di dalam satu puntung rokok yang diisap, akan dikeluarkan lebih dari 4.000 bahan kimia berbahaya, diantaranya adalah nikotin, tar, dan karbon monoksida (CO). Jika ada anggota keluarga yang merokok (perokok aktif), terlebih di dalam rumah, maka asap yang dihasilkan dari rokok tersebut tidak hanya berbahaya bagi perokok itu sendiri, melainkan juga orang-orang disekitarnya (perokok pasif) yang tentu saja berefek buruk bagi kesehatan. Rumah sebagai tempat berlindung bagi keluarga, termasuk dari asap rokok. Oleh karena itu, perokok pasif harus berani menyuarakan haknya untuk bebas dari kepulan asap rokok.
Memang PHBS, khususnya di skala rumah tangga, memang terasa mudah dalam teori, namun dalam pelaksanaannya memang butuh banyak dukungan, mulai dari diri sendiri, keluarga, lingkungan sekitar hingga pemerintah.
Banyak tantangan yang dihadapi dalam menerapkan PHBS di lingkungan keluarga. Masih banyaknya iklan rokok yang ada di media cetak maupun elektronik, makanan dan minuman cepat saji yang kurang sesuai dengan prinsip gizi seimbang, belum adanya monitoring evaluasi terpadu tentang kegiatan PHBS ini. Selain itu, kawasan padat penduduk di kota-kota besar seperti Surabaya dan juga banyaknya penduduk musiman yang menimbulkan permasalahan pada kehidupan sosial dan ekonomi juga merupakan tantangan tersendiri dalam penerapan PHBS.
Oleh karena itu, bagaimana upaya penerapan sepuluh PHBS di lingkungan keluarga, tentu sangat tergantung dari kesadaran dan peran aktif masyarakat di lingkungan tempat tinggalnya masing-masing. Sebab, upaya mewujudkan lingkungan yang sehat akan mendukung pola perilaku kehidupan masyarakat yang sehat secara kerkesinambungan.
C.    TUGAS DAN LATIHAN
1.      Promosi kesehatan sebagai bagian atau cabang dari ilmu kesehatan, juga mempunyai dua  sisi, yakni sisi ilmu dan seni. Dari sisi seni, yakni
a.       Promkes merupakan revitalisasi pendidikan kesehatan
b.      Praktisi atau aplikasi promosi kesehatan, merupakan penunjang bagi program-program kesehatan lain
c.       Promkes bukan hanya proses penyadaran masyarakat atau pemberian dan peningkatan pengetahuan masyarakat tentang kesehatan saja, tetapi juga disertai upaya-upaya memfasilitasi perubahan perilaku.
d.      Program kesehatan yang dirancang untuk perubahan
e.       Upaya pemberdayaan masyarakat untuk tahu, mau dan mampu berperilaku hidup bersih dan sehat
2.      Berdasarkan pentahapan upaya promkes, rumah tangga termasuk ke dalam sasaran…
a.      Primary target
b.      Secondary target
c.       Tertiary target
d.      Quarter target
e.       Sasaran Tersier
3.      Landasan hukum pembinaan PHBS di rumah tangga tentang pedoman pelaksanaan promosi kesehatan di daerah adalah…
a.       Undang-undang No. 32 Tahun 2004
b.      Peraturan Pemerintah No. 76 Tahun 2001
c.       Keputusan Menteri Kesehatan RI No. 114/Menkes/SK/VIII/2005
d.      Keputusan Menteri dalam Negeri dan Otonomi Daerah No. 53 tahun 2000
e.       Keputusan menteri Kesehatan RI No. 1193/Menkes/SK/X/2004
4.      Faktor-faktor yang memungkinkan atau yang memfasilitas perilaku atau tindakan dalam promosi kesehatan rumah tangga adalah…
a.       Predisposing
b.      Reinforcing
c.       Enabling
d.      Prevention
e.       Promoting
5.      Sasaran PHBS di rumah tangga kecuali…
a.       Anak dan remaja
b.      Usia lanjut
c.       Pengasuh anak
d.      Pasangan usia subur
e.       Bayi
6.      Salah satu langkah-langkah pembinaan PHBS di Kecamatan adalah…
a.       Sosialisasi pembinaan PHBS di Rumah Tangga kepada Tim Penggerak PKK
b.      Memberikan penghargaan terhadap Pelaksana Terbaik PHBS di Rumah Tangga tingkat kabupaten/kota
c.       Memantau kemajuan pelaksanaan pembinaan PHBS di Rumah Tangga dan pencapaian Rumah Tangga tingkat kabupaten/kota
d.      Mengeluarkan kebijakan tentang pembinaan PHBS di Rumah Tangga melalui Tim Penggerak PKK di seluruh kecamatan dan desa/kelurahan
e.       Sosialisasi pembinaan PHBS di Rumah Tangga kepada Tim Penggerak PKK desa /kelurahan dan organisasi masyarakat lainnya
7.      Sedangkan langkah-langkah pembinaan PHBS di Desa/Kelurahan, kecuali…
a.       Sosialisasi PHBS di Rumah Tangga
b.      Pengumpulan data PHBS di Rumah Tangga
c.       Pengolahan Data dan Pemetaan PHBS
d.      Perencanaan kegiatan
e.       Melaksanakan penilaian PHBS di Rumah Tangga tingkat desa/kelurahan
8.      Yang termasuk 10 indikator PHBS dalam rumah tangga kecuali…
a.       Menimbang Balita setiap bulan
b.      Gunakan Jamban Sehat
c.       Memberantas jentik di rumah sekali sebulan
d.      Makan buah dan sayur setiap hari
e.       Persalinan ditolong oleh tenaga kesehatan
9.      Salah satu indicator promosi kesehatan adalah informasi mengenai Penimbangan Bayi Setiap Bulan. Ini dilakukan sejak usia…
a.       1 bulan hingga 6 bulan
b.      1 bulan hingga 1 tahun
c.       1 bulan hingga 3 tahun
d.      1 bulan hingga 5 tahun
e.       1 bulan hingga 10 tahun
10.  Tugas kesehatan keluarga antara lain kecuali…
a.       Mengenal masalah kesehatan
b.      Mengambil keputusan untuk melakukan tindakan yang salah
c.       Memberi perawatan pada anggota keluarga yang sakit
d.      Mempertahankan suasana rumah yang sehat
e.       Menggunakan fasilitas kesehatan yang ada di masyarakat
D.    PENUTUP
1.      RANGKUMAN
Promosi kesehatan adalah program kesehatan yang dirancang untuk perubahan (perbaikan), baik di dalam masyarakat sendiri, maupun dalam organisasi dalam lingkungannya (lingkungan fisik, social budaya, politik, dan sebagainya). Berdasarkan pentahapan upaya promosi kesehatan ini, maka sasaran dibagi dalam 3 kelompok sasaran yaitu Sasaran Primer (Primary Target), Sasaran Sekunder (Secondary Target), dan Sasaran Tersier (Tertiary Target). Promosi kesehatan dalam rumah tangga termasuk kedalam sasaran primer.
Keluarga atau rumah tangga adalah unit masyarakat terkecil. Oleh sebab itu untuk mencapai perilaku masyarakat yang sehat harus dimulai di masing-masing keluarga. Fungsi keluarga yang penting dalam kesehatan adalah fungsi perawatan kesehatan.
Didalam rumah tangga terdapat banyak sekali masalah tentang kesehatan akibat kurangnya pengetahuan dan informasi mengenai PHBS (Prilaku Hidup Bersih dan Sehat). PHBS di Rumah Tangga adalah upaya unutk memperdayakan anggota rumah tangga agar tahu, mau dan mampu mempraktikan perilaku hidup bersih dan sehat serta berperan aktif dalam gerakan kesehatan di masyarakat. Pembinaan PHBS di Rumah Tangga telah menjadi bagian dari Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan sejak tahun 2005.
Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi PHBS Rumah Tangga adalah predisposing, enabling, reinforcing dan sasaran PHBS utama di rumah tangga adalah seluruh anggota keluarga diantaranya pasangan usia subur, ibu hamil dan menyusui, anak dan remaja, usia lanjut, pengasuh anak. PHBS di rumah tangga bermanfaat untuk nggota meningkatkan kesehatan anggota keluarga dan tidak mudah sakit, anak tumbuh sehat dan cerdas, produktivitas anggota keluarga meningkat, dan sebagainya. Langkah-langkah pembinaan PHBS di rumah tangga dimulai dari Kabupaten/Kota, Kecamatan, hingga ke Desa/Kelurahan. Terdapat 10 indikator PHBS di dalam rumah tangga, yakni persalinan ditolong oleh tenaga kesehatan, memberi bayi ASI eksklusif, menimbang Balita setiap bulan, menggunakan air bersih, mencuci tangan pakai sabun, gunakan jamban sehat, memberantas jentik di rumah sekali seminggu, makan buah dan sayur setiap hari, melakukan aktifitas fisik setiap hari, tidak merokok di dalam rumah. Upaya penerapan sepuluh PHBS di lingkungan keluarga, tentu sangat tergantung dari kesadaran dan peran aktif masyarakat di lingkungan tempat tinggalnya masing-masing. Sebab, upaya mewujudkan lingkungan yang sehat akan mendukung pola perilaku kehidupan masyarakat yang sehat secara kerkesinambungan.
2.      TES AKHIR BAB
Soal
1.      Promosi kesehatan sebagai bagian atau cabang dari ilmu kesehatan, juga mempunyai dua  sisi, yakni sisi ilmu dan seni. Dari sisi seni, yakni
a.       Promkes merupakan revitalisasi pendidikan kesehatan
b.      Praktisi atau aplikasi promosi kesehatan, merupakan penunjang bagi program-program kesehatan lain
c.       Promkes bukan hanya proses penyadaran masyarakat atau pemberian dan peningkatan pengetahuan masyarakat tentang kesehatan saja, tetapi juga disertai upaya-upaya memfasilitasi perubahan perilaku.
d.      Program kesehatan yang dirancang untuk perubahan
e.       Upaya pemberdayaan masyarakat untuk tahu, mau dan mampu berperilaku hidup bersih dan sehat
2.      Berdasarkan pentahapan upaya promkes, rumah tangga termasuk ke dalam sasaran…
a.       Primary target
b.      Secondary target
c.       Tertiary target
d.      Quarter target
e.       Sasaran Tersier
3.      Landasan hukum pembinaan PHBS di rumah tangga tentang pedoman pelaksanaan promosi kesehatan di daerah adalah…
a.       Undang-undang No. 32 Tahun 2004
b.      Peraturan Pemerintah No. 76 Tahun 2001
c.       Keputusan Menteri Kesehatan RI No. 114/Menkes/SK/VIII/2005
d.      Keputusan Menteri dalam Negeri dan Otonomi Daerah No. 53 tahun 2000
e.       Keputusan menteri Kesehatan RI No. 1193/Menkes/SK/X/2004
4.      Faktor-faktor yang memungkinkan atau yang memfasilitas perilaku atau tindakan dalam promosi kesehatan rumah tangga adalah…
a.       Predisposing
b.      Reinforcing
c.       Enabling
d.      Prevention
e.       Promoting
5.      Sasaran PHBS di rumah tangga kecuali…
a.       Anak dan remaja
b.      Usia lanjut
c.       Pengasuh anak
d.      Pasangan usia subur
e.       Bayi
6.      Salah satu langkah-langkah pembinaan PHBS di Kecamatan adalah…
a.       Sosialisasi pembinaan PHBS di Rumah Tangga kepada Tim Penggerak PKK
b.      Memberikan penghargaan terhadap Pelaksana Terbaik PHBS di Rumah Tangga tingkat kabupaten/kota
c.       Memantau kemajuan pelaksanaan pembinaan PHBS di Rumah Tangga dan pencapaian Rumah Tangga tingkat kabupaten/kota
d.      Mengeluarkan kebijakan tentang pembinaan PHBS di Rumah Tangga melalui Tim Penggerak PKK di seluruh kecamatan dan desa/kelurahan
e.       Sosialisasi pembinaan PHBS di Rumah Tangga kepada Tim Penggerak PKK desa /kelurahan dan organisasi masyarakat lainnya
7.      Sedangkan langkah-langkah pembinaan PHBS di Desa/Kelurahan, kecuali…
a.       Sosialisasi PHBS di Rumah Tangga
b.      Pengumpulan data PHBS di Rumah Tangga
c.       Pengolahan Data dan Pemetaan PHBS
d.      Perencanaan kegiatan
e.       Melaksanakan penilaian PHBS di Rumah Tangga tingkat desa/kelurahan
8.      Yang termasuk 10 indikator PHBS dalam rumah tangga kecuali…
a.       Menimbang Balita setiap bulan
b.      Gunakan Jamban Sehat
c.       Memberantas jentik di rumah sekali sebulan
d.      Makan buah dan sayur setiap hari
e.       Persalinan ditolong oleh tenaga kesehatan
9.      Salah satu indicator promosi kesehatan adalah informasi mengenai Penimbangan Bayi Setiap Bulan. Ini dilakukan sejak usia…
a.       1 bulan hingga 6 bulan
b.      1 bulan hingga 1 tahun
c.       1 bulan hingga 3 tahun
d.      1 bulan hingga 5 tahun
e.       1 bulan hingga 10 tahun
10.  Tugas kesehatan keluarga antara lain kecuali…
                                     a.      Mengenal masalah kesehatan
                                    b.      Mengambil keputusan untuk melakukan tindakan yang salah
                                     c.      Memberi perawatan pada anggota keluarga yang sakit
                                    d.      Mempertahankan suasana rumah yang sehat
                                     e.      Menggunakan fasilitas kesehatan yang ada di masyarakat
Kunci Jawaban

1.      B
2.      A
3.      C
4.      C
5.      E
6.      E
7.      E
8.      C
9.      D
10.  B


E.     DAFTAR PUSTAKA
Anonim. 2008. Upaya Peningkatan Strata Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Tingkat Rumah Tangga Melalui Strategi Promosi Kesehatan: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/9247. Diakses pada 6 September 2014 Pukul 15.11 WITA
Anonim. 2013. Definisi Rumah Tangga: http://alamandang.wordpress.com/2013/08/01/definisi-rumahtangga-adalah/. Diakses pada 5 september 2014 Pukul 21.13 WITA
Lamawati, Marlina. 2011. Analisis Manajemen Promosi Kesehatan Dalam Penerapan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat: http://pasca.unand.ac.id/id/wp-content/uploads/2011/09/. Diakses pada 4 September 2014 Pukul 20.10 WITA
Notoatmodjo, Soekidjo. 2007. Promosi Kesehatan & Ilmu Perilaku. Jakarta: Rineka Cipta
Padila. 2012. Keperawatan Keluarga. Yogyakarta: Nuha Medika

2 komentar:

  1. kak blog nya menarik n bermanfaat bgt makasih ya kak

    BalasHapus
  2. terimakasih banyak lengkap sekali pembahasan mengenai promosi kesehatan, salam kenal ya

    BalasHapus