Kamis, 02 Oktober 2014

LATAR BELAKANG KEPERAWATAN KOMUNITAS PANTAI


LATAR BELAKANG KEPERAWATAN KOMUNITAS PANTAI

  1. PENDAHULUAN
Keperawatan Komunitas adalah pelayanan keperawatan profesional yang ditujukan pada masyarakat dengan penekanan kelompok risiko tinggi dalam upaya pencapaian derajat kesehatan yang optimal melalui peningkatan kesehatan, pencegahan penyakit, pemeliharaan rehabilitasi dengan menjamin keterjangkauan pelayanan kesehatan yang dibutuhkan dan melibatkan klien sebagi mitra dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pelayanan keperawatan (CHN, 1977). Pantai merupakan salah satu tempat wisata yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan mancanegara.
Dari definisi tersebut keperawatan komunitas pantai merupakan pelayanan keperawatan profesional yang ditujukan pada masyarakat atau pun wisatawan local dan internasional yang sedang berwisata di daerah pantai pada khususnya,  dengan penekanan kelompok risiko tinggi dalam upaya pencapaian derajat kesehatan yang optimal.
Tujuan umum pelayanan inovatif ini adalah memberikan pelayanan promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif serta rujukan kepada wisatawan lokal dan wisatawan asing itu sendiri.
1.      Konsep-Konsep Kunci
a.       Latar Belakang Terbentuknya Keperawatan Komunitas Pantai
b.      Definisi Keperawatan Komunitas Pantai
c.       Tujuan Keperawatan Komunitas Pantai
d.      Manfaat Pelayanan Keperawatan Komunitas Pantai
e.       Sasaran Pelayanan Keperawatan Komunitas Pantai
f.       Manfaat komunitas pantai

2.      Petunjuk
                        Dalam mempelajari materi ini ada beberapa kunci yang nantinya digunakann sebagai petunjuk dalam memahami materi ini yaitu :
a.      Pelajari materi Bab I mengenai Konsep Dasar Keperawatan Komunitas Pantai dengan tekun dan disiplin
b.    Penyajian setiap bab meliputi : judul bab dan konsep-konsep kunci, petunjuk, kerangka isi, tujuan pembelajaran umum, tujuan pembelajaran khusus, paparan materi, tugas dan latihan, rangkuman, dan soal-soal akhir bab yang disertai dengan kunci jawaban
c.    Dalam urauan materi terdapat tes sambil jalan. Tes ini dapat menjadi tuntunan pembaca dalam memahami uraian bahan ajar bagian demi bagian
d.  Bacalah sumber-sumber pendukung untuk memperdalam pengetahuan dan wawasan anda
3.      Tujuan
a.       Tujuan Umum Pembelajaran 
Memahami konsep dasar Keperawatan Komunitas Pantai
b.      Tujuan Khusus Pembelajaran
i.        Memahami latar belakang terbentuknya Keperawatan Komunitas Pantai
ii.      Memahami definisi Keperawatan Komunitas Pantai
iii.    Mengetahui dan memahami tujuan Keperawatan Komunitas Pantai
iv.    Mengetahui manfaat pelayanan Keperawatan Komunitas Pantai
v.      Mengetahui sasaran pelayanan Keperawatan Komunitas Pantai
vi.    Mengetahui manfaat komunitas pantai

B.     PENYAJIAN MATERI
1.      Latar Belakang Terbentuknya Keperawatan Komunitas Pantai
Pulau Bali merupakan salah satu daerah tujuan wisata masyarakat dunia. Akibat aktifitas kepariwisataan di pantai merupakan aktifitas yang terkadang menimbulkan risiko kesehatan, sehingga perlu dilakukan upaya nyata agar keamanan dan kenyamanan wistawan dapat terjaga. Risiko kecelakaan yang sering dialami wisatawan di pantai seperti tenggelam, heart stroke, luka tusukan benda laut, hipotermi, patah tulang dan perdarahan akibat selancar, luka bakar merupakan keadaan yang memerlukan penanganan petugas profesional kesehatan.
Berdasarkan data yang ada, di 4 pantai Kabupaten Badung termasuk pantai Kuta, kasus kecelakaan rata-rata tiap bulannya mengalami kenaikan 40- 50 wisatawan di pantai, memerlukan kerjasama lintas program dan sektoral baik melalui sektor  pariwisata dan sector kesehatannya.
Hal inilah yang mendasari diselenggarakannya upaya kesehatan komunitas pantai yang difokuskan pada wisatawan dan pelaku wisata pantai dalam bentuk pelayanan inovatif yaitu Pelayanan Keperawatan Komunitas Pantai (Nursing Care For Beach Cummunity).


2.      Pengertian Keperawatan Komunitas Pantai
Keperawatan sebagai bentuk komprehensif melakukan penekanan tujuan untuk menekan stressor atau meningkatkan kemampuan komunitas mengatasi stressor melalui pencegahan primer, sekunder, tersier. Peningkatan kesehatan berupa pencegahan penyakit ini bisa melalui pelayanan keperawatan langsung dan perhatian langsung terhadap seluruh masyarakat dan mempertimbangkan bagaimana masalah kesehatan masyarakat mempengaruhi kesehatan individu, keluarga, dan kelompok. Peningkatan peran serta masyarakat dalam bidang kesehatan merupakan suatu proses dimana individu, keluarga dan lembaga masyarakat termasuk swasta mengambil tanggung jawab terhadap masyarakat atas kesehatan diri keluarga dan masyarakat, mengembangkan kemampuan untuk menyehatkan diri, keluarga dan masyarakat serta menjadi pelaku atau perintis kesehatan dan peminpin yang menggerakan kegiatan masyarakat dibidang kesehatan berdasarkan azas kemandirian dan kebersamaan. Dari hal tersebut masyarakat dapat berperan serta dengan menyumbangkan tenaga, pikiran atau pengetahuan, sarana, dana yang dimilikinya untuk upaya kesehatan.
Keperawatan Komunitas adalah pelayanan keperawatan profesional yang ditujukan pada masyarakat dengan penekanan kelompok risiko tinggi dalam upaya pencapaian derajat kesehatan yang optimal melalui peningkatan kesehatan, pencegahan penyakit, pemeliharaan rehabilitasi dengan menjamin keterjangkauan pelayanan kesehatan yang dibutuhkan dan melibatkan klien sebagi mitra dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pelayanan keperawatan (CHN, 1977). Pantai merupakan salah satu tempat wisata yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan mancanegara.
Dari penjabaran di atas dapat diartikan keperawatan komunitas pantai merupakan pelayanan keperawatan profesional yang ditujukan pada masyarakat atau pun wisatawan local dan internasional yang sedang berwisata di daerah pantai pada khususnya,  dengan penekanan kelompok risiko tinggi dalam upaya pencapaian derajat kesehatan yang optimal
Terdapat beberapa kondisi kesehatan yang biasanya dialami oleh wisatawan dan memerlukan bantuan petugas kesehatan, seperti pertolongan pertama tenggelam, pemberikan bantuan pernafasan, pertolongan terhadap kondisi kecelakaan di laut yang memerlukan penanganan pertama seperti pembalutan, perdarahan, tersengat ubur-ubur, trauma alat selancar, tertusuk binatang dan karang laut, hipotermi. Juga penanganan kasus di tepi pantai seperti terkena panas matahari, pingsan yang memerlukan perawatan awal seperti deteksi tekanan darah, deteksi panas badan, pengukuran nadi atau pemberian pendidikan kesehatan secara perorangan atau kelompok. Mengingat kondisi yang ada saat ini, semakin banyaknya kejadian kecelakaan akibat tenggelam yang dialami wisatawan asing, hal ini sangat memerlukan penanganan petugas kesehatan secara lebih ekstra, bekerjasama secara lintas program maupun lintas sektoral.

3.      Tujuan Keperawatan Komunitas Pantai
a.       Tujuan Umum :
Memberikan pelayanan kesehatan kepada wisatawan lokal maupun international secara lebih optimal melalui upaya preventif, promotif, kuratif maupun rehabilitative.
b.      Tujuan Khusus :
i.      Terselenggaranya kegiatan-kegiatan pengumpulan data kesehatan komunitas pantai
ii.  Terselenggaranya pelayanan kesehatan promotif berupa pendidikan kesehatan (health education) dan memberikan leaflet atau poster berisi pesan kesehatan.
iii.  Terselenggaranya pelayanan kesehatan preventif berupa deteksi dini dan penemuan kejadian awal penyakit yang dialami wisatawan berupa pemeriksaan fisik dan deteksi vital sign.
iv. Terselenggaranya pelayanan kesehatan kuratif berupa pemberian pelayanan minimal dalam mengatasi masalah seperti kejadian kecelakaan yang di darat maupun di laut, melakukan rujukan kesehatan ke Puskesmas dan pelayanan kesehatan Rumah Sakit.
v. Terselenggaranya pelayanan kesehatan rehabilitatif berupa pembatasan dan meminimalkan kondisi keterbatasan yang dialami wisatawan akibat masalah kesehatan yang dialami.

4.      Manfaat Pelayanan Keperawatan Komunitas Pantai
a.       Bagi Pemerintah :
i.     Membantu meningkatkan pelayanan kesehatan berbasis masyarakat yang dialami wisatawan khususnya daerah pantai.
ii.      Membantu melakukan screening atau deteksi atau penjaringan kesehatan terhadap kondisi kesehatan masyarakat saat ini.
iii.    Dapat menambah sumber pendapatan sektor kesehatan dan pariwisata.
b.      Bagi Institusi Pendidikan Poltekkes Denpasar :
i.   Sebagai sarana belajar mahasiswa dalam melatih kemampuan berbahasa asing dengan wisatawan.
ii.  Sebagai sarana belajar mahasiswa dalam mengaplikasikan ketrampilan secara langsung kepada masyarakat luas terutama kegawat daruratan.
 
5.      Sasaran Pelayanan Keperawatan Komunitas Pantai
            Sasaran pelayanan kesehatan komunitas pantai adalah wisatawan lokal maupun international yang difokuskan pada daerah pantai dengan mendirikan klinik kesehatan di gedung Balawista Dinas Pariwisata Kabupaten Badung dengan penambahan sarana tenda kesehatan yang dilengkapi sarana kesehatan minimal seperti tempat tidur, kursi, alat kesehatan, obat-obatan, sarana transportasi berupa ambulan bekerjasama dengan Puskesmas dan Rumah Sakit.


  1. TUGAS DAN LATIHAN
1)      Risiko kecelakaan yang sering dialami wisatawan di pantai, kecuali …
a.       Heart stroke
b.      Diabetes melllitus
c.       Hipotermi
d.      Luka bakar

2)      Sasaran dilakukannya keperawatan komunitas pantai adalah …
a.       Wisatawan lokal
b.      Wisatawan internasional
c.       Wisatawan lokal dan internasional
d.      A dan B salah

3)      Manfaat keperawatan komunitas pantai bagi pemerintah, kecuali …
a.  Membantu meningkatkan pelayanan kesehatan berbasis masyarakat yang dialami wisatawan khususnya daerah pantai.
b.  Membantu melakukan screening atau deteksi atau penjaringan kesehatan terhadap kondisi kesehatan masyarakat saat ini.
c.      Dapat menambah sumber pendapatan sektor kesehatan dan pariwisata.
d.   Sebagai sarana belajar mahasiswa dalam mengaplikasikan ketrampilan secara langsung kepada masyarakat luas terutama kegawat daruratan.

4)      Sedangkan manfaat keperawatan komunitas pantai bagi institusi Poltekkes Denpasar adalah …
a.  Membantu meningkatkan pelayanan kesehatan berbasis masyarakat yang dialami wisatawan khususnya daerah pantai.
b.  Membantu melakukan screening atau deteksi atau penjaringan kesehatan terhadap kondisi kesehatan masyarakat saat ini.
c.      Dapat menambah sumber pendapatan sektor kesehatan dan pariwisata.
d.     Sebagai sarana belajar mahasiswa dalam mengaplikasikan ketrampilan secara langsung kepada masyarakat luas terutama kegawat daruratan.

5)      Tujuan umum dari keperawatan komunitas pantai adalah …
a.  Terselenggaranya pelayanan kesehatan preventif berupa deteksi dini dan penemuan kejadian awal penyakit yang dialami wisatawan berupa pemeriksaan fisik dan deteksi vital sign.
b.      Terselenggaranya kegiatan-kegiatan pengumpulan data kesehatan komunitas pantai
c. Terselenggaranya pelayanan kesehatan rehabilitatif berupa pembatasan dan meminimalkan kondisi keterbatasan yang dialami wisatawan akibat masalah kesehatan yang dialami.
d.    Memberikan pelayanan kesehatan kepada wisatawan lokal maupun international secara lebih optimal melalui upaya preventif, promotif, kuratif maupun rehabilitative.

6)      Berdasarkan data yang ada, di 4 pantai Kabupaten Badung termasuk pantai Kuta, kasus kecelakaan rata-rata tiap bulannya mengalami kenaikan sebesar …
a.       40-60
b.      45-60
c.       40-50
d.      40-55

7)      Salah satu tujuan khusus dari keperawatan komunitas pantai adalah terselenggaranya pelayanan kesehatan preventif berupa …
a.  pendidikan kesehatan (health education) dan memberikan leaflet atau poster berisi pesan kesehatan.
b.  deteksi dini dan penemuan kejadian awal penyakit yang dialami wisatawan berupa pemeriksaan fisik dan deteksi vital sign.
c.    pemberian pelayanan minimal dalam mengatasi masalah seperti kejadian kecelakaan yang di darat maupun di laut, melakukan rujukan kesehatan ke Puskesmas dan pelayanan kesehatan Rumah Sakit.
d.   pembatasan dan meminimalkan kondisi keterbatasan yang dialami wisatawan akibat masalah kesehatan yang dialami.

8)      Sedangkan terselenggaranya pelayanan kesehatan rehabilitatif berupa …
a.  pendidikan kesehatan (health education) dan memberikan leaflet atau poster berisi pesan kesehatan.
b.  deteksi dini dan penemuan kejadian awal penyakit yang dialami wisatawan berupa pemeriksaan fisik dan deteksi vital sign.
c.   pemberian pelayanan minimal dalam mengatasi masalah seperti kejadian kecelakaan yang di darat maupun di laut, melakukan rujukan kesehatan ke Puskesmas dan pelayanan kesehatan Rumah Sakit.
d.  pembatasan dan meminimalkan kondisi keterbatasan yang dialami wisatawan akibat masalah kesehatan yang dialami.

9)      Keperawatan komunitas pantai dilaksanakan dengan mendirikan klinik kesehatan di …
a.      gedung Balawista Dinas Pariwisata Kabupaten Badung
b.      gedung Balawista Dinas Pariwisata Kabupaten Jembrana
c.       gedung Balawista Dinas Pariwisata Kabupaten Klungkung
d.      gedung Balawista Dinas Pariwisata Kabupaten Karangasem

10)   Sarana yang ditambahkan dalam melaksanakan keperawatan komunitas pantai, kecuali …
a.       Obat-obatan
b.      Sarana transportasi
c.       Alat tulis
d.      Alat kesehatan

  1. PENUTUP
1.      Rangkuman
Keperawatan komunitas pantai merupakan pelayanan keperawatan profesional yang ditujukan pada masyarakat atau pun wisatawan local dan internasional yang sedang berwisata di daerah pantai pada khususnya,  dengan penekanan kelompok risiko tinggi dalam upaya pencapaian derajat kesehatan yang optimal.
Risiko kecelakaan yang sering dialami wisatawan di pantai seperti tenggelam, heat stroke, luka tusukan benda laut, hipotermi, patah tulang dan perdarahan akibat selancar, luka bakar merupakan keadaan yang memerlukan penanganan petugas profesional kesehatan
Komunitas pantai memiliki sasaran. Sasaran pelayanan kesehatan komunitas pantai adalah wisatawan lokal maupun international yang difokuskan pada daerah pantai dengan mendirikan klinik kesehatan di gedung Balawista Dinas Pariwisata Kabupaten Badung dengan penambahan sarana tenda kesehatan yang dilengkapi sarana kesehatan minimal seperti tempat tidur, kursi, alat kesehatan, obat-obatan, sarana transportasi berupa ambulan bekerjasama dengan Puskesmas dan Rumah Sakit






DAFTAR PUSTAKA

I Wayan Githa.Panduan Praktik Keperawatan Komunitas Pantai.2013.Poltekkes Denpasar:Jurusan Keperawatan
Lilies.2013.Keperawatan Komunitas I.online:available Ihttp://puputlilisdianhusada .blogspot.com/p/blog-page_4.html) diaksen tanggal 4 september 2014

1 komentar:

  1. makasi banget mbok makalahnya.. akhirnya tugas pak wayan suardana kelar juga... sangat berguna mbok :D

    BalasHapus