Rabu, 31 Desember 2014

PEMASARAN SOSIAL



A.    PENDAHULUAN
Komunikasi kesehatan masyarakat saat ini sudah mengalami perubahan yang sangat pesat dan mendasar dari strategi yang bersifat partial komunikasi kesehatan telah bergeser kepada strategi komprehensif berdasarkan hasil studi empiris. Komunikasi kesehatan saat ini juga telah memanfaatkan teknologi baru yang di modifikasi dengan komunikasi pembangunan. Prinsip-prinsip pemasaran sosial. Analisis perilaku serta manejemen yang berorientasi kepada pelanggan.
Tujuan pokok dari program komunikasi kesehatan adalah perubahan perilaku kesehatan dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan. Dengan adanya interfensi komunikasi kesehatan juga di harapkan dapat menumbuhkan permintaan terhadap produk atau pelayanan kesehatan yang di butuhkan seperti keluarga berencana. Kelangsungan hidup anak, pencegahan penyakit infeksi yang aman dan efektif.
Upaya menumbuhkan permintaan terhadap pelayanan kesehatan merupakan “ efek “ dari proses komunikasi kepada anggota masyarakat bahwa telah tersedia pelayanan kesehatan yang mereka butuhkan muda di dapat dan di gunakan. Informasi ini dapat mengubah perilaku masyarakat yang mulanya tidak pernah memanfaatkan pelayanan kesehatan karena tidak tahu kini bahkan menjadi kebutuhan.
Salah satu efek dari komunikasi kesehatan masyarakat adalah tumbuhnya motifasi masyarakat untuk mengadopsi kebiasaan atau perilaku baru dan bersikap “ fasilitasi “ terhadap masalah kesehatan yang di hadapi. Dengan tumbuhnya motifasi di kalangan masyarakat di harapkan upaya-upaya pergerakan-pergerakan masyarakat menjadi lebih dinamis untuk memperoleh kesempatan dan peluang dalam upaya baik pencegahan (prefentif) maupun promotif.
Upaya promotif tersebutlah yang dinamakn dengan pemasaran social di bidang kesehatan.
Konsep pemasaran pada mulanya di terapkan di perusahaan-perusahaan besar di Negara industri yang telah maju, dan berkembang sedemikain rupa sehingga menjadi penentu setiap usaha. Penerapan konsep tersebut saat ini sudah meluas sampai ke luar bidan, yaitu bidang politik dan social. Di bidang kesehatan, konsep pemasaran telah di terapkan di berbagai negara untuk berbagai program. Indonesia telah menggunakan pendekataan ini dalam penanggulangan diare melalui rehidraksi oral, imunisasi, penanggulan kekurangan vitamin A, keluarga berencana dan lainnya.
Pengertian pemasaran seringkali dikacaukan dengan penjualan. Padahal kedua konsep  hal tersebut sangat berbeda. Penjualan bertolak dari produk yang telah di buat, kemudian diupayakan untuk dijual pada konsumen. Sedangkan pemasaran bertolak dari kebutuhan dan keinginan konsumen, kemudian baru dibuat atau di kembangkan produk yang dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen itu.
1.      Konsep-Konsep Kunci
a.       Definisi Pemasaran
b.      Definisi Pemasaran Sosial
c.       Unsur- unsur Pemasaran Sosial
d.      Langkah- langkah dalam mengembangkan Pemasaran Sosial
e.       Faktor Penentu dalam Pemasaran Sosial
f.       Peran Media massa dalam Pemasaran sosial
2.      Petunjuk
Dalam mempelajari materi ini ada beberapa kunci yang nantinya digunakann sebagai petunjuk dalam memahami materi ini yaitu:
a.       Pelajari materi Bab I mengenai Konsep Dasar Promosi Kesehatan dengan tekun dan disiplin
b.      Penyajian setiap bab meliputi : judul bab dan konsep-konsep kunci, petunjuk, kerangka isi, tujuan pembelajaran umum, tujuan pembelajaran khusus, paparan materi, tugas dan latihan, rangkuman, dan soal-soal akhir bab yang disertai dengan kunci jawaban
c.       Dalam urauan materi terdapat tes sambil jalan. Tes ini dapat menjadi tuntunan pembaca dalam memahami uraian bahan ajar bagian demi bagian
d.      Bacalah sumber-sumber pendukung untuk memperdalam pengetahuan dan wawasan anda

3.      Tujuan
Tujuan Umum Pembelajaran 
Memahami Pemasaran Sosial dalam Promosi Kesehatan
Tujuan Khusus Pembelajaran 
a)      Memahami definisi dari pemasan dan pemasaran sosial
b)      Memahami unsur- unsure dari pemasaran sosial
c)      Memahami lingkup pemasaran sosial dalam kesehatan
d)     Memahami langkah- langkah dalam mengembangkan Pemasaran sosial
e)      Memahami faktor penentu dalam pemasaran sosial
f)       Memahami peran media massa dalam promosi sosial


B.     PENYAJIAN MATERI
1.      DEFINISI PEMASARAN
Pemasaran di definisikan sebagai suatu proses sosial dan manajerial di mana individu dan kelompok mendapatkan kebutuhan dan keinginan mereka dengan menciptakan, menawarkan, dan bertukar sesuaru yang bernilai satu sama lain. Definisi ini berdasarkan konsep inti pemasaran, yaitu; kebutuhan, keinginan, dan permintaan; produk; nilai, biaya, dan kepuasan; pertukaran, transaksi, dan hubungan; pasar serta pemasar dan calon pembeli.

2.      DEFINISI PEMASARAN SOSIAL
Pemasaran sosial diperkenalkan pada tahun 1971. Pemasaran Sosial dapat diartikan sebagai perancangan, penerapan, dan pengendalian program yang ditujukan untuk meningkatkan penerimaan suatu gagasan atau praktik tertentu pada suatu kelompok sasaran.
Pada dasarnya pemasaran sosial tidak berbeda dengan pemasaran komersial. Pemasaran sosial menggunakan teknis analisis yang sama : riset pasar, pengembangan produk, penentuan harga, keterjangkauan, dan promosi. Dapat disimpulakan, bahwa pemasaran sosial adalah penerapan konsep dan teknik pemasaran untuk mendapatkan manfaat sosial. Tentu saja ada sedikit perbedaan antara pemasaran di bidang usaha dengan pemasaran sosial. Perbedaan tersebut antara lain :
a.       Penggunaan produk sosial biasanya lebih rumit daripada produk komersial, misalnya menggunakan oralit tidak semudah minum coca-cola.
b.      Produk sosial tidak cepat dirasakan.
c.       Saluran distribusi untuk produk-produk sosial lebih sulit dikontrol karena biasanya menyangkut banyak pihak.
d.      Konsumen biasanya tidak mampu, atau rawan terhadap penyakit dan berpendidikan rendah.
Hal tersebut menyebabkan pemasaran sosial jauh lebih rumit dan sulit, sehingga tahap perencanaan perlu dilakukan secara mantap.
3.      UNSUR-UNSUR PEMASARAN SOSIAL
Unsur -unsur pemasaran sosial terdiri dari 4P1C yaitu produk (product), tempat (place), harga (price), dan promosi (promotion. Saat ini, ada satu elemen lagi yang tidak bisa dipungkiri bahwa itu penting yaitu Konsumen (Consumer).



Bagan Pemasaran Sosial

a.       Konsumen
Konsumen atau penggunan bukan hanya merupakan sasaran pokok, tetapi juga sebagai pengukur apakah kegiatan yang dilaksanakan cocok, diminati dan berhasil. Sasaran pemasaran sosial terdiri dari berbagai sub-kelompok dan tiap sub kelompok mempunyai pandangan, nilai, dan kebutuhan sendiri. Karena itu dimulai dengan segmentasi sasaran
Segmentasi sasaran adalah suatu proses mengelompokkan sasaran ke dalam sub-sub kelompok yang lebih homogen yang memiliki kesamaan kebutuhan dan atau kesamaan karakter. Pembagian sub kelompok ini dilakukan sebagai berikut :
1.      Khalayak sasaran primer : sasaran pokok yang diharapkan dapat berubah prilakunya ke perilaku yang diharapkan.
2.      Khalayak sasaran sekunder : sasaran antara yang mempunyai pengaruh terhadap khalayak sasaran primer, misalnya petugas kesehatan, tokoh masyarakat, anggota keluarga dan lainnya
3.      Khalayak sasaran tersier : sasaran penunjang yang turut menentukan keberhasilan program, seperti para pengambil keputusan, penyandang dana, dan orang-orang yang berpengaruh untuk kita

b.      Produk
Produk ini didefinisikan sebagai segala sesuatu yang ditawarkan dan dapat memuaskan kebutuhan atau keinginan. Produk bisa berupa barang, jasa, orang, tempat, organisasi, ide. Produk sosial adalah produk yang disediakan produsen kepada konsumen dengan tujuan yang lebih utama untuk memeperoleh manfaat sosial, seperti misalnya meningkatnya derajat sosial. Pada produk sosial kemanfaatan sosial lebih diutamakan daripada keuntungan atau profit. Sehubungan dengan pemilihan produk yang akan dipasarkan, khususnya yang berbentuk prilaku sehat Kotler mengingatkan lima dimensi penting :
1.      Ketahanan atau Durability
2.      Kerumitan atau Complexity
3.      Daya tarik atau visibility
4.      Risiko dalam penerapan atau penggunaannya atau risk
5.      Keakraban produk tersebut dengan konsumen familiarity

c.       Tempat
Tempat  atau saluran distribusi yang dimaksudkan adalah tempat dimana produk yang ditawarkan dapat diperoleh konsumen atau saluran distribusi yang berperan untuk memindahkan produk dari satu titik produksi ke titik konsumsi. Pada pemasaran sosial titik produksi adalah kegiatan kampanye sosial, sedangkan titik konsumsi adalah tempat di mana kelompok sasaran terpapar dan mengadopsi produk sosial tersebut.
Bentuk-bentuk saluran distribusi untuk produk sosial antara lain :
1.      Untuk produk intangible, distribusi dilakukan melalui perantaraan media dan komunikasi antarpribadi ( melalui kelompok professional dan relawan )
2.      Penggunaan media dilakukan secara :
-          One step flow ( pemasaran sosial- media- adopter)
-          Two step flow ( pemasaran sosial-media-adopter awal- adopter lanjut )
-          Multi step flow ( pemasar sosial melalui serangkaian jaringan yang terdiri dari media dan agen periklanan kemudian menjangkau adopter awal dan kemudian adopter lanjut )

d.      Harga
Harga  adalah biaya atau beban yang harus ditanggung oleh konsumen untuk memperoleh produk yang ditawarkan. Harga yang dimaksudkan dalam pemasaran sosial bukanlah nilai dalam pengertian jumlah uang yang dikeluarkan saja tetapi dalam arti yang lebih luas. Seymour H. Fine membagi harga dalam 4 kategori, yaitu :
1.      Waktu yang digunakan
2.      Daya berupa gerakan fisik yang diperlukan
3.      Gaya hidup yang mungkin harus berubah
4.      Batin yang berupa gangguan ketentraman pikiran
Pada produk sosial sering diberikan subsidi karena mengingat manfaat sosial yang tinggi untuk kepentingan orang banyak. Oleh karena itu, aspek price pada produk sosial lebih bersifat non moneter dalam kaitan dengan proses pertukaran untuk produk sosial.

e.       Promosi
Promosi adalah upaya memperkenalkan produk dan meningkatkan adopsi produk kepada konsumen. Untuk itu perlu membedakan konsumen sebagai individu dan sebagai kelompok masa dijangkau dengan menggunakan komunikasi massa sedangkan konsumen sebagai individu lebih sesuai dijangkau dengan melalui komunikasi selektif dan komunikasi antar pribadi.
1.      Komunikasi melalui komunikasi masa
Fungsi pokok komunikasi masa adalah untuk memberikan informasi dan untuk mengajak dalam kurun waktu tertentu sebanyak mungkin sasaran tentang bagaimana sebuah produk dapat memenuhi kebutuhan mereka dan kelebihan produk tersebut dibandingkan dengan produk yang lain.
2.      Promosi melalui komunikasi selektif
Komunikasi selektif berperan untuk mengisi keterbatasan dari komunikasi massa, yang tidak mungkin memberikan pesan khusus untuk konsumen tertentu. Melalui komunikasi selektif dimungkinkan terjadinya pemberian informasi dan mengajak kelompok tertentu secara spesifik dengan cara interaktif dan fleksibel. Jalur komunikasi ni digunakan untuk segmen pasar yang lebih tajam/spesifik.

4.      PEMASARAN SOSIAL DALAM KESEHATAN MASYARAKAT
Pemasaran sosial dianggap tepat diimplementasikan  pada kesehatan masyarakat, karena semua program kesehatan memerlukan perubahan prilaku sosial. Sosial marketing, secara garis besar tidak jauh berbeda dengan commercial marketing. Salah satu yang membedakan adalah bahwa pemasaran sosial ‘menjajakan’ perilaku dan bertujuan membuat konsumen mengubah perilakunya kepada perilaku yang ia tawarkan, yakni perilaku kesehatan.
Sebagaimana konsep pendekatan terhadap program kesehatan yang lain, konsep pemasaran sosial dalam kesehatan merupakan salah satu konsep yang diupayakan untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat. Hasil pemikiran berupa konsep, norma, maupun teknologi yang dihasilkan ( termasuk konsep pemasaran sosial ) ini kemudian disampaikan kepada berbagai kelompok sasaran di masyarakat, sehingga selanjutnya terjadi proses ‘internalisasi’ yang akhirnya memasyarakatkan konsep, norma maupun teknologi tersebut di antara warga masyarakat atau kelompok sosial tertentu.
Ada 14 langkah dalam mengembangkan kegiatan pemasaran sosial yaitu :
1.      Riset Formatif dilakukan untuk menentukan format strategi kegiatan. Sebellum kita menganjurkan orang mengubah perilakunya, kita harus tahu dulu bagaimana sekarang dan bagaimana sikapnya terhadap perilaku yang kita anjurkan. Kita tidak dapat hanya menduga atau memperkirakan kedua hal tersebut. Kita harus menggalinya dari mereka sendiri. Kita namakan penggalian tersebut adalah riset formatif.
2.      Penyusunan Strategi
Strategi akan mencakup;
a.       Berbagai kelompok sasaran yang diperoleh dari  penelitian formarif dapat dibagi dalam 3 kelompok besar;
ü  Sasaran Primer, yaitu sasaran pokok yang benar-benar kita harapkan berubah kebiasaannya.
ü  Sasaran Sekunder, yaitu sasaran antara yang terlibat didalam penyampaian produk atau pelayana atau terlibat didalam penyampaian pesan-pesan secara langsung. 
ü  Sasaran Tersier, yaitu sasaran penunjang yang terlibat secara tidak langsung, namun dukungannya sangat diperlukan.
b.      Berbagai perilaku yang diharapkan dari tiap kelompok sasaran.
c.       Sikapa negatif terhadap perilaku yang diharapkan secar rinci.
d.      Pemecahan yang disarankan untuk mengatasi hambatan tersebut.
e.       Kata – kata yang disarankan untuk dipakai guna meyakinkan kelompok sasaran untuk melakukan apa yang diharapkan
f.       Berbagai saluran komunikasi yang ada untuk analisah selanjutnya
3.      Menguji Cobaan Strategi
Setelah strategi disusun, kita kembali mengunjungi kelompok sasaran primer untuk menguji coba strategi tersebut pada mereka.

4.      Menulis Arahan Kreatif dan Media
Kita menuliskan ini walaupun kita akan melaksanakan kegiatan kretifitas atau kegiatan media kita sendiri. Arahan tertulis ini penting walaupun pelaksanaannya di lakukan di instansi lain atau biro iklan. Arahan ini menyimpulkan tujuan dan maksud kegiatan, gambaran rinci data ekonomi,sosial dan geografis daerahkegiatan serta daftar nama kelompok sasaran primer, sekunde, dan tersier dan gambaran keadaan meraka.
5.      Menentukan Konsultan Kreatif dan Konsultan media
Sangat disarankan untuk menggunakan ahli kreatif ahli media, apakah itu orang yang berpengalama dibidangnya,lembaga konsultan atau biro iklan untuk membuat bahan – bahan media.
6.      Menyusun Peran dan Bahan serta Rencana Media
Peran perencanaan kreatif dan perencanaan media kini dapat semua bahan cetak, naskah atau spot radio dan bagaimana cerita untuk TV dan Film
7.      Menguji Bahan dan Pesan
Jadi semua bahan yang sudah dipersiapkan harus diuji coba untuk memastikan bahwa pesanan jelas, tidak membingunkan, bisa dimengerti, dipercaya, sejalan dengan budaya, secara emosional merangsang dan bebas dari hal – hal yang negatif.
8.      Memperbaiki bahan
Kelompok kreatif sekarang diberi penjelasan tentang hasil uji coba. Uji coba ulang secar informal dibutuhkan untuk memastikan bahan perbaikan yang telah dibuat dapat diterima kelompok sasaran.
9.      Penyempurnaan program
Program pada akhinya bisa disempurnakan. Bila mungkin kesimpulan akhir perlu dibuat secara tertulis dan bisa dilengkapi dengan slide unruk penyajian dan koordinasi.
10.  Memproduksi Bahan
Semua bahan sudah diperbanyak dalam bentuk akhir
11.  Pengumpulan Data Dasar dan Evaluasi
Pengumpulan data dasar dilaksanakan didaerah uji coba dan daerah kontrol. Masa proyek sudah ditentukan dan kegiatan evaluasi dijadwalkan.
12.  Orientasi dan Pelatihan
Masyarakat yang terlibat juga dilatih atau diberi orientasi tentang peran mereka.

13.  Melaksanakan Kegiatan
Contoh penyuluhan atau pancanangan oleh kepala daerah yang dihadiri para pelaksana dan instansi serta media yang terlibat
14.  Memantau dan Menperbaiki
Setelah dicanangkan, semua kegiatan komunikasi harus dipantau untuk memastikan bahwa pelaksanaannya seperti yang diharapkan.

FAKTOR PENENTU DALAM PEMASARAN SOSIAL
Ada beberapa faktor yang menetukan keberhasilan pemasaran sosial, yaitu;
1.      Manajemen
Manajemen yang baik sangat diperlukan dalam pemasaran sosial. Kalaupun ada kelompok kerja yang dibentuk, manajer yang bertanggung jawab penuh terhadap pelaksanaan kegiatan secara keseluruhan sangat dibutuhkan. Manajerperlu memiliki beberapa ketrampilan khusus. Manajer tersebut harus memahami betul pola kegiatan yang akaan dilaksanakan, kendati secara teknis dia tidak harus ahli tentang produk atau pelayanan yang dipromosikan. Dia harus benar-benar mengerti sikap kelompok sasaran terhadap program yang akan dilaksanakan.
2.      Konsumen
Adalah  setiap orang pemakai barang dan/atau jasa yang tersedia dalam masyarakat, baik bagi kepentingan diri sendiri, keluarga, orang lain, maupun makhluk hidup lain dan tidak untuk diperdagangkan. Dan orientasi sepenuhnya pada konsumen
3.      Kelompok Sasaran.
Semua program komunikasi yang berhasil menunjukan bahwa pesan – pesan ditujukan langsung kepada kelompok sasaran teretentu
4.      Identitas
Produk atau pelayanan yang dipromosikan harus memilih identitas yang jelas dan tegas
5.      Manfaat
Produk atau pelayanan yang dipromosikan sebagai sesuatu yang memberikan manfaat atau keuntungan yang jelas dan nyata
6.      Biaya
Pemasaran yang baik harus mempertimbangkan agar produk pelayanan yang dipasarkan bisa dijangkau konsumen.
7.      Ketersediaan
sudah tentu tidak satu promosi punk akan berhasil bila produk atau pelayanan yang dipromosikan tidak bisa diperbolehkan.
8.      Saluran Komunikasi
Manajer pemasaran harus berusaha agar pesan disampaikan kepada kelompok sasaran melalui komunikasi yang dapat dipercaya.
9.      Pemantauan dan Perbaikan
Sistem pemantauan merupakan bagian dari pendekatan pemasaran sosial. Dan pemantauan dilakukan untuk mengetahui apakah semua unsur komunikasi sudah dilaksanakan sesuai dengan rencana dan perbaikan kiranya diperlukan.
10.  Evaluasi
Komponen evaluasi  diperlukan bagi semua kegiatan agar dampak dan hasil yang dicapai bisa diketahui. Dan penilitian evaluasi dilaksanakan untuk memperoleh hasil kuantitatif.


5.      PERAN MEDIA MASSA DALAM PEMASARAN SOSIAL
Fungsi khusus daari komunikasi massa adalah untuk menginformasikan pesan dengan menarik dalam periode waktu tertemtu dengan jumlah target yang cukup besar. Dari pengertian tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa media massa yang dimaksud adalah, surat kabar, majalah, radio, televise ataupun film.
Cirri-ciri khusus yang dimiliki komunikasi massa adalah :
1.      Komunikasi masaa berlangsung satu arah yang berarti komunikasi berlangsung satu arah tanpa ada timbale balik atau feedback dari komunikan.
2.      Komunikator pada komunikasi massa melembaga : media massa sebagai saluran komunikasi massa merupakan lembaga.
3.      Pesan pada komunikasi massa bersifat umum : pesan yang disebarkan oleh media massa bersifat umum karena ditujukan pada umum dan mengenai kepentingan umum.
4.      Media komunikasi massa menimbulkan keserempakan : media massa memilikinkemampuan menimbulkan keserempakan kepada pihak khalayak dalam menerima pesan-pesan yang disebarkan, seperti halnya dengan radio dan televise yang merupakan media massa elektronik yang tidak diragukan lagi menimbulkan keserempakan informasi yang diterima ketika khalayak mendengarkan radio atau melihat televisi.
5.      Komunikasi-komunikasi massa bersifat heterogen : komunikan atau khalayak yang merupakan kumpulan anggota-anggota masyarakat yang terlibatdalam proses komunikasi massa sebagai sasaran yang dituju komunikator bersifat heterogen.
Menurut flay (1987), upaya promosi kesehatan mempunyai 3 kelebihan, yaitu :
a.       Menyediakan informasi pada masyarakat umum tentang akibat negative dari suatu aktivitas dan mencoba untuk berhenti melakukan aktivitas tersebut, seperti yang sering dilakukan dalam iklan layanan masyarakat tentang kesehatan
b.      Memfokuskan pada masyarakat yang sudah akan berhenti melakukan kebiasaan yang tidak sehat dan mencoba mengambil langkah awal melakukannya.
c.       Mengetengahkan klinik menolong diri sendiri, di mana penonton televise mengikuti individu-individu yang mencoba mengubah kebiasaan yang tidak sehat sehingga mereka berkembang bersama selama mengikuti program tersebut.
Flora dan cassady (1990) berpendapat bahwa media massa berpengaruh pada kesehatan masyarakt dalam empat hal, yaitu :
a.       Media massa dapat dipakai sebagai agen perubahan pertama. Suatu acara televise dapat dipakai untuk mengajarkan orang bagaimana mengubah suatu prilaku kesehatan yang tidak baik.
b.      Media massa dapat melengkapi intervensi lainnya dalam waktu khusus atau waktu tertentu.
c.       Media massa dpat dipakai untuk mempromosikan program-program lainnya dan secara efektif dapat menjangkau orang banyak.
d.      Pesan di media massa dapat mendukung perubahan gaya hidup.
Beberapa contoh bahwa media massa berhasil mengampanyekan perilaku kesehatan masyarakat antara lain :
a.       Awal 1970-an Mac Coby dan Farquhar membuktikan media massa dapat mengurangi penyakit jantung.
b.      Dr. Leonardo Mata dari Costa Rica membuktikkan bahwa kampanye di media massa menolong mengurangi insiden diare di kotanya yang menyebabkan tingginya angka kematian bayi.
c.       Studi di Standford Community menyebutkan telenovela yang mengandung unsure perubahan perilaku merokok dapat membuat 18% dari perokok yang di survey menghentikan kebiasaan merokok mereka.     

C.    TUGAS DAN LATIHAN

1.      Suatu proses sosial dan manajerial di mana individu dan kelompok mendapatkan kebutuhan dan keinginan mereka dengan menciptakan, menawarkan, dan bertukar sesuaru yang bernilai satu sama lain, merupakan pengertian dari
A.    Pemasaran Sosial
B.     Media Massa
C.     Unsur-unsur Pemasaran Sosial
D.    Produk
E.     Pemasaran
2.      Yang merupakan unsur-unsur dari pemasaran sosial adalah, keculi
A.    Harga
B.     Tempat
C.    Kenyamanan
D.    Promosi
E.     Produk
3.      Segala sesuatu yang ditawarkan dan dapat memuaskan kebutuhan atau keinginan, merupakan definisi dari
A.    Pemasaran Sosial
B.     Media Massa
C.     Unsur-unsur Pemasaran Sosial
D.    Produk
E.     Pemasaran
4.      Bentuk-bentuk saluran distribusi untuk produk sosial antara lain, adalah
A.    One step flow
B.     Three step flow
C.     Four step flow
D.    Five step flow
E.     Seven step flow
5.      Seymour H. Fine membagi harga dalam 4 kategori, kecuali
A.    Ketepatan pengelolaaan SDM
B.     Waktu yang digunakan
C.     Daya berupa gerakan fisik yang diperlukan
D.    Gaya hidup yang mungkin harus berubah
E.     Batin yang berupa gangguan ketentraman pikiran
6.      Fungsi pokok komunikasi massa adalah
A.    Berperan untuk mengisi keterbatasan dari komunikasi massa, yang tidak mungkin memberikan pesan khusus untuk konsumen tertentu.
B.     Sebagai agen perubahan pertama.
C.    Untuk menginformasikan pesan dengan menarik dalam periode waktu tertemtu dengan jumlah target yang cukup besar.
D.    Sebagai tempat menyampaikan aspirasi
E.     Mendorong pengembangan upaya yang berusaha
7.      Terdapat beberapa langkah dalam mengembangkan pemasaran sosial, berapa jumlah langkah yang diuraikan tersebut
A.    13 langkah
B.     14 langkah
C.     15 langkah
D.    16 langkah
E.     17 langkah
8.      Ciri- cirri khusus yang dimiliki komunikasi massa adalah
A.    Komunikasi masaa berlangsung satu arah yang berarti komunikasi berlangsung satu arah tanpa ada timbale balik atau feedback dari komunikan.
B.     Komunikator pada komunikasi massa melembaga
C.     Pesan pada komunikasi massa bersifat umum
D.    Media komunikasi massa menimbulkan keserempakan
E.     Jawaban A,B,C,D benar
9.      Menurut Flay (1987) , upaya promosi kesehatan memiliki berapa kelebihan
A.    4 kelebihan
B.     5 kelebihan
C.     2 kelebihan
D.    3 kelebihan
E.     6 kelebihan

10.  Kotler mengingatkan lima dimensi penting pada produk sosial antara lain adalah
A.    Efisensi
B.     Ketahanan atau Durability
C.     Keserempakan
D.    Ketelitian
E.     Keadilan atau Justice










D.    PENUTUP
1.      RANGKUMAN
Pemasaran di definisikan sebagai suatu proses sosial dan manajerial di mana individu dan kelompok mendapatkan kebutuhan dan keinginan mereka dengan menciptakan, menawarkan, dan bertukar sesuaru yang bernilai satu sama lain.
Pemasaran Sosial adalah sebagai kegiatan yang direncanakan, dan diorganisasiknan yang meliputi pendistribusian barang, penetapan harga dan dilakukan pengawasan terhadap kebijakan-kebijakan yang telah dibuat yang tujuannya untuk mendapatkan tempat dipasar agar tujuan utama dari pemasaran dapat tercapai. Pemasaran sosial diperkenalkan pada tahun 1971.
Unsur -unsur pemasaran sosial terdiri dari 4P yaitu produk (product), tempat (place), harga (price), dan promosi (promotion. Saat ini, ada satu elemen lagi yang tidak bisa dipungkiri bahwa itu penting yaitu orang (people).
Pemasaran sosial dianggap tepat diimplementasikan  pada kesehatan masyarakat, karena semua program kesehatan memerlukan perubahan prilaku sosial. Sosial marketing, secara garis besar tidak jauh berbeda dengan commercial marketing. Salah satu yang membedakan adalah bahwa pemasaran sosial ‘menjajakan’ perilaku dan bertujuan membuat konsumen mengubah perilakunya kepada perilaku yang ia tawarkan, yakni perilaku kesehatan.
Fungsi khusus daari komunikasi massa adalah untuk menginformasikan pesan dengan menarik dalam periode waktu tertemtu dengan jumlah target yang cukup besar. Dari pengertian tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa media massa yang dimaksud adalah, surat kabar, majalah, radio, televise ataupun film.
Cirri-ciri khusus yang dimiliki komunikasi massa adalah :
1.      Komunikasi masaa berlangsung satu arah yang berarti komunikasi berlangsung satu arah tanpa ada timbale balik atau feedback dari komunikan.
2.      Komunikator pada komunikasi massa melembaga
3.      Pesan pada komunikasi massa bersifat
4.      Media komunikasi massa menimbulkan keserempakan
5.      Komunikasi-komunikasi massa bersifat heterogen
14 langkah dalam mengembangkan kegiatan pemasaran sosial yaitu :


1.      Riset Formatif
2.      Penyusunan Strategi
3.      Menguji Cobaan Strategi
      4. Menulis Arahan Kreatif dan    Media
      5.      Menentukan Konsultan Kreatif  dan Konsultan media
6.       Menyusun Peran dan Bahan serta Rencana Media
7.      Menguji Bahan dan Pesan
8.      Memperbaiki bahan
9.      Penyempurnaan program
10.  Memproduksi Bahan
11.  Pengumpulan Data Dasar dan Evaluasi
12.  Orientasi dan Pelatihan
13.  Melaksanakan Kegiatan
14.  Memantau dan Menperbaiki


            FAKTOR PENENTU DALAM PEMASARAN SOSIAL
Ada beberapa faktor yang menetukan keberhasilan pemasaran sosial, yaitu;


1.      Manajemen
2.      Konsumen
3.      Kelompok Sasaran.
4.      Identitas
5.      Manfaat
6.      Biaya
7.      Ketersediaan
8.      Saluran Komunikasi
9.      Pemantauan dan Perbaikan
10.  Evaluasi


Beberapa contoh bahwa media massa berhasil mengampanyekan perilaku kesehatan masyarakat antara lain :
a.       Awal 1970-an Mac Coby dan Farquhar membuktikan media massa dapat mengurangi penyakit jantung.
b.      Dr. Leonardo Mata dari Costa Rica membuktikkan bahwa kampanye di media massa menolong mengurangi insiden diare di kotanya yang menyebabkan tingginya angka kematian bayi.
c.       Studi di Standford Community menyebutkan telenovela yang mengandung unsure perubahan perilaku merokok dapat membuat 18% dari perokok yang di survey menghentikan kebiasaan merokok mereka.     



2.      TES AKHIR BAB
1.       Suatu proses sosial dan manajerial di mana individu dan kelompok mendapatkan kebutuhan dan keinginan mereka dengan menciptakan, menawarkan, dan bertukar sesuaru yang bernilai satu sama lain, merupakan pengertian dari
A.    Pemasaran Sosial
B.     Media Massa
C.     Unsur-unsur Pemasaran Sosial
D.    Produk
E.     Pemasaran
2.      Yang merupakan unsur-unsur dari pemasaran sosial adalah, keculi
A.    Harga
B.     Tempat
C.     Kenyamanan
D.    Promosi
E.     Produk
3.      Segala sesuatu yang ditawarkan dan dapat memuaskan kebutuhan atau keinginan, merupakan definisi dari
A.    Pemasaran Sosial
B.     Media Massa
C.     Unsur-unsur Pemasaran Sosial
D.    Produk
E.     Pemasaran
4.      Bentuk-bentuk saluran distribusi untuk produk sosial antara lain, adalah
A.    One step flow
B.     Three step flow
C.     Four step flow
D.    Five step flow
E.     Seven step flow
5.      Seymour H. Fine membagi harga dalam 4 kategori, kecuali
A.    Ketepatan pengelolaaan SDM
B.     Waktu yang digunakan
C.     Daya berupa gerakan fisik yang diperlukan
D.    Gaya hidup yang mungkin harus berubah
E.     Batin yang berupa gangguan ketentraman pikiran
6.      Fungsi pokok komunikasi massa adalah
F.      Berperan untuk mengisi keterbatasan dari komunikasi massa, yang tidak mungkin memberikan pesan khusus untuk konsumen tertentu.
G.    Sebagai agen perubahan pertama.
A.    Untuk menginformasikan pesan dengan menarik dalam periode waktu tertemtu dengan jumlah target yang cukup besar.
B.     Sebagai tempat menyampaikan aspirasi
C.     Mendorong pengembangan upaya yang berusaha
11.  Terdapat beberapa langkah dalam mengembangkan pemasaran sosial, berapa jumlah langkah yang diuraikan tersebut
A.    13 langkah
B.     14 langkah
C.     15 langkah
D.    16 langkah
E.     17 langkah
7.      Ciri- cirri khusus yang dimiliki komunikasi massa adalah
A.    Komunikasi masaa berlangsung satu arah yang berarti komunikasi berlangsung satu arah tanpa ada timbale balik atau feedback dari komunikan.
B.     Komunikator pada komunikasi massa melembaga
C.     Pesan pada komunikasi massa bersifat umum
D.    Media komunikasi massa menimbulkan keserempakan
E.     Jawaban A,B,C,D benar
8.      Menurut Flay (1987) , upaya promosi kesehatan memiliki berapa kelebihan
A.    4 kelebihan
B.     5 kelebihan
C.     2 kelebihan
D.    3 kelebihan
E.     6 kelebihan

9.      Kotler mengingatkan lima dimensi penting pada produk sosial antara lain adalah
A.    Efisensi
B.     Ketahanan atau Durability
C.     Keserempakan
D.    Ketelitian
E.     Keadilan atau Justice
Kunci Jawaban


1.      E
2.      C
3.      D
4.      A
5.      A
6.      C
7.      B
8.      E
9.      D
10.  B









DAFTAR PUSTAKA

Notoadmojo, Soekidjo. 2010.  Kesehatan Mayarakat Ilmu dan Seni. Jakarta : Rineka Cipta
Notoadmojo, Soekidjo. 2007.  Kesehatan Mayarakat Ilmu dan Seni. Jakarta : Rineka Cipta
Herlina. 2011. Buku Panduan pemasaran Sosial; BAB IV : Langkah-langkah dalam Mengembangkan Kegiatan Pemasaran Sosial. Fakultas Ilmu Kesehatan UMPAR
Defriano. Rabu, 4 April 2012. Dalam : http://defrianonaqhsoe.blogspot.com/2012/04/pemasaran-sosial-dalam-promosi.html . Google. ( diakses tanggal : sabtu , 6  September 2014 )
Muatamin. 2013. Dalam : http://masithamustamin.blogspot.com/2013/10/makalah-pemasaran-sosial-kesehatan.html. Google. ( diakses tanggal : sabtu 6 September 2014)

1 komentar: