Sabtu, 27 Desember 2014

LAPORAN PENDAHULUAN PADA PASIEN KOLITIS



A.    PENGERTIAN
Kolitis adalah radang pada kolon. Radang ini disebabkan akumulasi cytokine yang mengganggu ikatan antar sel epitel sehingga menstimulasi sekresi kolon, stimulasi sel goblet untuk mensekresi mucus dan mengganggu motilitas kolon. Mekanisme ini menurunkan kemampuan kolon untuk mengabsorbsi air dan menahan feses ( Tilley et al, 1997).
Kolitis dapat disebabkan oleh berbagai faktor, antara lain infeksi akut atau kronik oleh virus, bakteri, dan amoeba, termasuk keracunan makanan. Kolitis dapat juga disebabkan gangguan aliran darah ke daerah kolon yang dikenal dengan kolitis iskemik. Adanya penyakit autoimun dapat menyebabkan kolitis, yaitu kolitis ulseratif dan penyakit Cohrn. Kolitis limfositik dan kolitis kolagenus disebabkan beberapa lapisan dinding kolon yang ditutupi oleh sel-sel limfosit dan kolagen. Selain itu, kolitis dapat disebabkan zat kimia akibat radiasi dengan barium enema yang merusak lapisan mukosa kolon, dikenal dengan kolitis kemikal.
Faktor resiko yang mempengaruhi terjadinya kolitis ditinjau dari teori Blum dibedakan menjadi empat faktor, yaitu: faktor biologi, faktor lingkungan, faktor pelayanan kesehatan, dan faktor prilaku.
1.      Faktor Biologi: Jenis kelamin: Wanita beresiko lebih besar dibanding laki-laki. Usia: 15-25 tahun, dan lebih dari 50 tahun. Genetik/ familial: Riwayat keluarga dengan kolitis
2.      Faktor Lingkungan: Lingkungan dengan sanitasi dan higienitas yang kurang baik. Nutrisi yang buruk
3.      Faktor Perilaku: Kegemukan (obesitas). Merokok. Stress / emosi. Pemakaian laksatif yang berlebihan. Kebiasaan makan makanan tinggi serat, tinggi gula, alkohol, kafein, kacang, popcorn, makanan pedas. Kurang kesadaran untuk berobat dini. Keterlambatan dalam mencari pengobatan. Tidak melakukan pemeriksaan rutin kesehatan.
4.      Faktor Pelayanan Kesehatan: Minimnya pengetahuan petugas kesehatan. Kurangnya sarana dan prasarana yang memadai. Keterlambatan dalam diagnosis dan terapi. Kekeliruan dalam diagnosis dan terapi.   Tidak adanya program yang adekuat dalam proses skrining awal penyakit.

B.     ETIOLOGI
Kolitis bisa menjalar ke belakang sehingga menyebabkan proktitis. Penyebab dari kolitis ada beberapa macam antara lain ( Tilley et al, 1997) :
  1. Infeksi : Trichuris vulpis, Ancylostoma sp, Entamoeba histolytica, Balantidium coli, Giardia spp, Trichomonas spp, Salmonella spp, Clostridium spp, Campylobacter spp, Yersinia enterolitica, Escherichia coli, Prototheca, Histoplasma capsulatum, dan Phycomycosis.
  2. Faktor familial/genetik
Penyakit ini lebih sering dijumpai pada orang kulit putih daripada orang kulit hitam dan orang Cina, dan insidensinya meningkat (3 sampai 6 kali lipat) pada orang Yahudi dibandingkan dengan orang non Yahudi. Hal ini menunjukkan bahwa dapat
  1. ada predisposisi genetik terhadap perkembangan penyakit ini
  2. Trauma : benda asing, material yang bersifat abrasif.
  3. Alergi : protein dari pakan atau bisa juga protein bakteri.
  4. Polyps rektokolon
  5. Intususepsi ileokolon
  6. Inflamasi : Lymphoplasmacytic, eoshinophilic, granulopmatous, histiocytic
  7. Neoplasia : Lymphosarcoma, Adenocarcinoma
  8. Sindrom iritasi usus besar (Irritable Bowel Syndrome)

C.     KLASIFIKASI
Berdasarkan penyebab dapat diklasifikasikan sebagai berikut :
1.      Kolitis infeksi, misalnya : shigelosis, kolitis tuberkulosa, kolitis amebik, kolitis pseudomembran, kolitis karena virus/bakteri/parasit.
2.      Kolitis non-infeksi, misalnya : kolitis ulseratif, penyakit  Crohn’s kolitis radiasi, kolitis iskemik, kolitis mikroskopik, kolitis non-spesifik (simple colitis).
Pembahasan ini difokuskan pada kolitis infeksi yang sering ditemukan di Indonesia sebagai daerah tropik, yaitu kolitis amebik, shigellosis, dan kolitis tuberkulosa serta infeksi E.coli patogen yang dilaporkan sebagai salah satu penyebab utama diare kronik di Indonesia.

D.    PATOFISIOLOGI
Suatu serangan bisa mendadak dan berat, menyebabkan diare hebat, demam tinggi, sakit perut dan peritonitis (radang selaput perut). Selama serangan, penderita tampak sangat sakit. Yang lebih sering terjadi adalah serangannya dimulai bertahap, dimana penderita memiliki keinginan untuk buang air besar yang sangat, kram ringan pada perut bawah dan tinja yang berdarah dan berlendir.
Jika penyakit ini terbatas pada rektum dan kolon sigmoid, tinja mungkin normal atau keras dan kering. Tetapi selama atau diantara waktu buang air besar, dari rektum keluar lendir yang mengandung banyak sel darah merah dan sel darah putih. Gejala umum berupa demam, bias ringan atau malah tidak muncul. Jika penyakit menyebar ke usus besar, tinja lebih lunak dan penderita buang air besar sebanyak 10-20 kali/hari.
Penderita sering mengalami kram perut yang berat, kejang pada rektum yang terasa nyeri, disertai keinginan untuk buang air besar yang sangat. Pada malam haripun gejala ini tidak berkurang. Tinja tampak encer dan mengandung nanah, darah dan lendir. Yang paling sering ditemukan adalah tinja yang hampir seluruhnya berisi darah dan nanah.
Penderita bisa demam, nafsu makannya menurun dan berat badannya berkurang.Kolitis ulseratif adalah penyakit ulseratif dan inflamasi berulang dari lapisan mukosa kolon dan rectum. Penyakit ini umumnya mengenai orang kaukasia, termasuk keturunan Yahudi. Puncak insidens adalah pada usia 30-50 tahun. Kolitis ulseratif adalah penyakit serius, disertai dengan komplikasi sistemik dan angka mortalitas yang tinggi. Akhirnya 10%-15% pasien mengalami karsinoma kolon.
Kolitis ulseratif mempengaruhi mukosa superfisisal kolon dan dikarakteristikkan dengan adanya ulserasi multiple, inflamasi menyebar, dan deskuamasi atau pengelupasan epitelium kolonik. Perdarahan terjadi sebagai akibat dari ulserasi. Lesi berlanjut, yang terjadi satu secara bergiliran, satu lesi diikuti lesi yang lainnya. Proses penyakit mulai pada rectum dan akhirnya dapat mengenai seluruh kolon. Akhirnya usus menyempit, memendek dan menebal akibat hipertrofi muskuler dan deposit lemak.

E.     MANIFESTASI KLINIS
Kebanyakan gejala Colitis ulserativa pada awalnya adalah berupa buang air besar yang lebih sering. Gejala yang paling umum dari kolitis ulseratif adalah sakit perut dan diare berdarah. Pasien juga dapat mengalami:
1.      Anemia
2.      Fatigue/ Kelelahan
3.      Berat badan menurun
4.      Hilangnya nafsu makan
5.      Hilangnya cairan tubuh dan nutrisi
6.      Lesi kulit (eritoma nodosum)
7.      Lesi mata (uveitis)
8.      Nyeri sendi
9.      Kegagalan pertumbuhan (khususnya pada anak-anak)
10.  Buang air besar beberapa kali dalam sehari (10-20 kali sehari)
11.  Terdapat darah dan nanah dalam kotoran.
12.  Perdarahan rektum (anus).
13.  Rasa tidak enak di bagian perut.
14.  Mendadak perut terasa mulas.
15.  Kram perut.
16.  Sakit pada persendian.
17.  Rasa sakit yang hilang timbul pada rectum
18.  Anoreksia
19.  Dorongan untuk defekasi
20.  Hipokalsemia
Sekitar setengah dari orang-orang didiagnosis dengan kolitis ulseratif memiliki gejala-gejala ringan. Lain sering menderita demam, diare, mual, dan kram perut yang parah. Kolitis ulseratif juga dapat menyebabkan masalah seperti radang sendi, radang mata, penyakit hati, dan osteoporosis. Tidak diketahui mengapa masalah ini terjadi di luar usus. Para ilmuwan berpikir komplikasi ini mungkin akibat dari peradangan yang dipicu oleh sistem kekebalan tubuh. Beberapa masalah ini hilang ketika kolitis diperlakukan.
Presentasi klinis dari kolitis ulserativa tergantung pada sejauh mana proses penyakit. Pasien biasanya hadir dengan diare bercampur darah dan lendir, dari onset gradual. Penyakit ini biasanya disertai dengan berbagai derajat nyeri perut, dari ketidaknyamanan ringan untuk sangat menyakitkan kram.
Kolitis ulseratif berhubungan dengan proses peradangan umum yang mempengaruhi banyak bagian tubuh. Kadang-kadang terkait ekstra-gejala usus adalah tanda-tanda awal penyakit, seperti sakit, rematik lutut pada seorang remaja. Kehadiran penyakit ini tidak dapat dikonfirmasi, namun, sampai awal manifestasi usus.

F.      PEMERIKSAAN PENUNJANG
1.      Gambaran radiologi
a.       Foto polos abdomen
1)      Untuk melihat organ dalam abdomen
2)      Mampu memperjelas abnormalitas (massa, tumor, obstruksi/striktura)
3)      Umumnya dilakukan pertama kali ketika mendiagnosis masalah GI tract.
4)      Tidak memerlukan persiapan khusus
5)      Pasien memakai gaun, melepas perhiasan & ikat pingang yang mungkin mempengaruhi hasil
b.      Barium enema
Barium enema  atau lower GI series merupakan pemeriksaan X-ray pada colon.
c.       Ultrasonografi (USG)
Ultrasonografi (USG) adalah suatu pemeriksaan diagnostik non invasif dengan menggunakan gelombang frekuensi tinggi kedalam abdomen. Gelombang-gelombang ini dipantulkan kembali dari permukaan struktur organ sehingga komputer dapat menginterprertasikan densitas jaringan berdasarkan gelombang-gelombang tersebut.
d.      CT-scan dan MRI
2.      Pemeriksaan Endoskopi
Endoskopi temuan di kolitis ulseratif meliputi:
a.       Hilangnya penampilan vaskular kolon
b.       Eritema (atau kemerahan dari mukosa) dan kerapuhan dari mukosa
c.        Ulserasi yang dangkal, yang mungkin anak sungai, dan
d.       Pseudopolyps.
G.    PEMERIKSAAN DIAGNOSTIK
1.      Contoh feses (pemeriksaan digunakan dalam diagnosa awal dan selama penyakit): terutama mengandung mukosa, darah, pus dan organisme usus khususnya entomoeba histolytica.
2.      Protosigmoidoskopi: memperlihatkan ulkus, edema, hiperermia, dan inflamasi (akibat infeksi sekunder mukosa dan submukosa). Area yang menurun fungsinya dan perdarahan karena nekrosis dan ulkus terjadi pada 35 % bagian ini.
3.      Sitologi dan biopsy rectal membedakan antara pasien infeksi dan karsinoma. Perubahan neoplastik dapat dideteksi, juga karakter infiltrat inflamasi yang disebut abses lapisan bawah.
4.      Enema bartum, dapat dilakukan setelah pemeriksaan visualisasi dilakukan,  meskipun jarang dilakukan selama akut, tahap kambuh, karena dapat  membuat kondisi eksasorbasi.
5.      Kolonoskopi: mengidentigikasi adosi, perubahan lumen dinding, menunjukkan obstruksi usus.
6.      Kadar besi serum: rendah karena kehilangan darah.  Masa protromlain: memanjang pada kasus berat karena gangguan faktor  VII dan X disebabkan oleh kekurangan vitamin K.
7.      ESR: meningkat karena beratnya penyakit Trombosis: dapat terjadi karena proses penyakit inflamasi.
8.      Elektrolit: penurunan kalium dan magnesium umum pada penyakit berat.

H.    KONSEP ASUHAN KEPERAWATAN
1.      Pengkajian/pengumpulan data
a.       Data Biografi: Nama, umur, jenis kelamin, alamat, pekerjaan
b.      Data Dasar Pengkajian Klien
1)      Aktivitas/istirahat
Gejala: 
a)      Kelemahan, kelelahan, malaise, cepat lelah 
b)      Insomnia, tidak tidur semalaman karena diare 
c)      Merasa gelisah dan ansietas 
d)     Pembatasan aktivitas/kerja sehubungan dengan efek proses penyakit.
2)      Sirkulasi
Tanda:
a)      Takikardia Crospons terhadap demam, dehidrasi, proses inflamasi, dan nyeri.
b)      Kemerahan area akimonsis (kekurangan vitamin K) 
c)      TD: hipotensi, termasuk postural 
d)     Kulit/membrane mukosa, turgor buruk, kering, lidah pecah (dehidrasi/ malnutrisi)
3)      Integritas ego
Gejala: 
a)      Ansietas, ketakutan, emosi, kesal, misalnya perasaan tak berdaya/tak ada harapan
b)      Faktor stress akut/kronis, misalnya hubungan dengan keluarga/pekerjaan, pengobatan yang mahal 
c)      Faktor budaya peningkatan prevalensi dari populasi Yahudi 
Tanda:  
a)      Menolak, perhatian menyempit, depresi.
4)      Eliminasi
Gejala: 
a)      Tekstur feses bervariasi dari bentuk lunak sampai batu atau berair 
b)      Episode diare berdarah tak dapat diperkirakan, hingga timbul, sering tak dapat dikontrol (sebanyak 20 – 30 kali defekasi/hari)
c)      Perasaan dorongan/kram (temosmus), defekasi berdarah/pus/ mukosa dengan atau tanpa keluar feses. 
d)     Perdarahan per rectal 
e)      Riwayat batu ginjal (dehidrasi)
Tanda: 
a)      Menurunnya bising usus, tak ada peristoltik atau adanya peristoltik yang dapat dilihat. 
b)      Hemosoid, fisura anal (25 %), fisura perianal
c)      Oliguria
5)      Makanan/ cairan
Gejala: 
a)      Anoreksia, mual/muntah 
b)      Penurunan berat badan 
c)      Tidak toleran terhadap diet/sensitif misalnya buah segar/sayur 
d)     Produk susu makanan berlemak. 
Tanda: 
a)      Penurunan lemak subkutan/massa otot 
b)      Kelemahan tonus otot dan turgor kulit buruk 
c)      Membran mukosa pucat, luka, inflamasi rongga mulut
6)      Higine
Tanda: 
a)      Ketidakmampuan mempertahankan perawatan diri  
b)      Stomatitis menunjukkan kekurangan vitamin 
c)      Bau badan
7)      Nyeri/kenyamanan
Gejala: 
a)      Nyeri/nyeri tekan pada kwadran kiri bawah (mungkin hilang dengan defekasi) 
b)      Titik nyeri berpindah, nyeri tekan (arthritis) 
c)      Nyeri mata, fotofobia (iritis) 
Tanda:
a)      Nyeri tekan abdomen/distensi
8)      Keamanan
Gejala: 
a)      Riwayat lupus eritoma tous, anemia hemolitik, vaskulitis,. 
b)      Arthritis (memperburuk gejala dengan eksoserbasi penyakit usus) 
c)      Peningkatan suhu 39,6 – 40 ºC (eksoserbasi akut) 
d)     Penglihatan kabur 
e)      Alergi terhadap makanan/produk susu (mengeluarkan histamine ke dalam usus dan mempunyai efek inflamasi) 
Tanda: 
a)      Lesi kulit mungkin ada misalnya: eritoma nodusum (meningkat), nyeri, kemerahan dan membengkak pada tangan, muka, plodeima gangrionosa (lesi tekan purulen/lepuh dengan batas keunguan) 
b)      Ankilosa spondilitis
c)      Uveitis, kongjutivitis/iritis.
9)      Seksualitas
Gejala: frekuensi menurun/menghindari aktivitas seksual
10)  Interaksi sosial
Gejala: 
a)      Masalah hubungan/peran sehubungan dengan kondisi 
b)      Ketidakmampuan aktif dalam social

2.      DIAGNOSA KEPERAWATAN
a.       Diare berhubungan dengan inflamasi, iritasi, atau malabsorpsi usus ditandai dengan peningkatan bunyi usus/ peristaltik, defikasi sering dan berair, perubahan warna feses, dan nyeri abdomen, kram.
b.      Kekurangan volume cairan berhubungan dengan peningkatan kehilangan cairan: diare ditandai dengan mual, muntah, dan diare berat.
c.       Nutrisi kurang dari kebutuhan tubuh berhubungan dengan gangguan absorpsi nutrien, status hipermetabolik, secara medik masukan makanan dibatasi ditandai dengan penurunan berat badan, penurunan lemak subkutan/ massa otot, tonus otot buruk, bising usus, konjungtiva dan membrane mukosa pucat serta menolak untuk makan.
d.       Ansietas berhubungan dengan factor psikologis/ rangsangan simpatis (proses inflamasi), ancaman konsep diri (dirasakan atau aktual), ancaman terhadap perubahan status kesehatan, status sosioekonomis, fungsi peran, pola interaksi ditandai dengan  eksaserbasi penyakit tahap akut, peningkatan tegangan, distensi, ketakutan, menunjukan masalah tentang perubahan hidup, perhatian pada diri sendiri.
e.       Nyeri akut berhubungan dengan hiperperistaltik, diere lama, iritasi kulit/ jaringan, eksoriasi fisura perirektal; fistula ditandai dengan nyeri abdomen kolik/ kram/ nyeri menjalar, perilaku berhati- hati/ distraksi, gelisah, nyeri wajjah, dan perhatian pada diri sendiri.
f.       Kurang pengetahuan tentang kondisi, prognosis, dan kebutuhan pengobatan berhubungan dengan kesalahan interpretasi informasi, kurang mengingat, dan tidak mengenal sumber ditandai dengan pertanyaan, meminta informasi, pernyataan salah konsep, tidak akurat mengikuti instruksi, dan terjadi komplikasi/ eksaserbasi yang dapat dicegah.

3.      INTERVENSI KEPERAWATAN
No
Diagnosa Keperawatan
Tujuan
Intervensi
Rasional
1
Diare berhubungan dengan inflamasi, iritasi, atau malabsorpsi usus ditandai dengan peningkatan bunyi usus/ peristaltik, defikasi sering dan berair, perubahan warna feses, dan nyeri abdomen, kram.

Setelah diberikan asuhan keperawatan selama ...x 24 jam diharapkan diare pasien terkontol dengan out come:
1. penurunan frekuensi defekasi, konsistensi kembali normal
2.mengidentifikasi / menghindari factor pemberat.
1. Observasi dan catat frekuensi defekasi, karakteristik, karakteristik, jumlah, dan faktor pencetus.

2. Tingkatkan tirah baring, berikan alat- alat disamping tempat tidur.



3. identifikasi makanan dan cairan yang mencetus diare.

4. Mulai lagi pemasukan cairan per oral secara bertahap.


5. Berikan kesempatan untuk menyatakan frustasi sehubungan dengan proses penyakit.



6. Observasi demam, takikardia, letargi, leukositosis, penurunan protein serum, ansietas, dan kelesuan.

7. Memberikan obat sesuai indikasi
Membantu membedakan penyakit individu dan mengkaji beratnya episode.



Istirahat menurunkan motilitas usus juga menurunkan laju metabolisme bila infeksi atau perdarahan sebagai komplikasi.

Menghindarkan iritan dan meningkatkan istirahat usus.


Memberikan istirahat kolon dengan menghilangkan atau menurunkan rangsang makanan/ cairan.

Adanya penyakit dengan penyebab tak diketahui sulit untuk sembuh dan yang memerlukan intervensi bedah dapat menimbulkan reaksi stress yang dapat memperburuk situasi

Tanda bahwa toksik megakolon atau perforasi dan peritonitis akan terjadi/ telah terjadi memerlukan intervensi medik segera.


Membantu kesembuhan pasien.
2
Kekurangan volume cairan berhubungan dengan peningkatan kehilangan cairan: diare ditandai dengan mual, muntah, dan diare berat.

Setelah diberikan asuhan keperawatan selama ...x 24 jam diharapkan diare pasien terkontol dengan out come:
1. Mempertahankan volume cairan adekuat dibuktikan oleh membran mukosa lembab, turgor kulit baik, dan pengisian kapiler baik.
2. Tanda vital stabil, keseimbangan masukan dan keluaran dengan urine normal dalam konsentrasi jumlah. 

1. Awasi masukan dan keluaran, karakter, dan jumlah feses; perkirakan kehilangan yang tak terlihat.

2. Observasi kulit kering berlebihan dan membran mukosa, penurunan turgor kulit, pengisisan kapier lambat.

3. Ukur berat badan tiap hari.

4. Pertahankan pembatasan per oral, tirah baring; hindari kerja.


5. Observasi perdarahan dan tes feses tiap hari untuk adanya darah samar.



6. Catat kelemahan otot umum atau disritmia jantung.

7. Berikan cairan parenteral, tranfusi darah sesuai indikasi.




8. Awasi hasil laboratorium.


9. Berikan obat sesuai indikasi.
Memberikan informasi tentang keseimbangan cairan, fungsi ginjal dan control penyakit usus juga merupakan pedoman untuk penggantian cairan.

Menunjukan kehilangan cairan berlebihan/ dehidrasi.





Indikator cairan dan status nutrisi.

Kolon diistirahatkan untuk penyembuhan dan untuk penyembuhan dan untuk menurunkan kehilangan cairan usus.

Diet tidak adekuat dan penurunan absorpsi dapat menimbulkan defisiensi vitamin K dan merusak koagulasi, potensial resiko perdarahan.

Kehilangan usus berlebihan dapat menimbulkan ketidakseimbangan elektrolit.

Mempertahankan istirahat usus akan memerlukan penggantian cairan untuk memperbaiki kehilangan/anemia.


Menentukan kebutuhan pergantian dan keefektifan terapi.

Membantu kesembuhan pasien.
3.
Nutrisi kurang dari kebutuhan tubuh berhubungan dengan gangguan absorpsi nutrien, status hipermetabolik, secara medik masukan makanan dibatasi ditandai dengan penurunan berat badan, penurunan lemak subkutan/ massa otot, tonus otot buruk, bising usus, konjungtiva dan membrane mukosa pucat serta menolak untuk makan.

Setelah diberikan asuhan keperawatan selama ...x 24 jam diharapkan diare pasien terkontol dengan out come:
1. Menunjukan berat badan stabil atau peningkatan berat badan sesuai dengan nilai laboratorium normal.
2. Tidak ada tanda malnutrisi.
1. Timbang berat badan tiap hari.


2. dorong tirah baring atau pembatasan aktivitas selama fase sakit akut.

3. Anjurkan istirahat sebelum makan.


4. Berikan kebersihan oral.


5. Sediakan makanan dalam ventilasi yang baik, lingkungan yang menyenangkan, dengan situasi tidak terburu- buru.

6. Batasi makanan yang dapat menyebabkan kram abdomen, flatus.

7. Catat masukan dan perubahan simtomtologi.



8. Dorong pasien untuk menyatakan perasaan masalah mulai makan diet.

9. Pertahankan puasa sesuai indikasi.



10. Mulai/ tambahkan diet sesuai indikasi.


11. Berikan obat sesuai indikasi.
Memberikan informasi tentang kebutuhan diet/ kefektifan terapi.

Menurunkan kebutuhann metabolik untuk mencegah penurunan kalori dan simpanan energi.

Menenangkan peristaltic dan meningkatkan energi untuk makan.

Mulut yang bersih dapat meningkkatkan rasa makanan.

Lingkungan yang menyenangkan menurunkan stress dan lebih kondusif untuk makan.



Mencegah serangan akut/ eksaserbasi gejala.



Memberikan rasa kontrol pada pasien dan kesempatan untuk memilih makanan yang diinginkan/ dinikmatii, dapat meningkatkan masukan.

Keragu-raguan untuk makan mungkin diakibatkan oleh takut makanan akan menyebabkan eksaserbasi gejala.
Istirahat usus menurunkan peristatik dan diare dimana menyebabkan malabsorpsi/ kehilangan nutrien.

Memungkinkan saluran usus untuk mematikan kembali proses pencernaan.

Membantu kesembuhan pasien.


4.
ansietas Berhubungan dengan faktor psikologis/ rangsang simpatis (proses inflamasi), ancaman konsep diri (dirasakan/aktual), ancaman terhadap/perubahan statuskesehatan, status ekonomis, fungsi peran, pola interaksi ditandai  dengan eksaserbasi penyakit tahap akut, peningkatan tegangan, distress, ketakutan, menunjukkan masalah tentang perubahan hidup, perhatian pada diri sendiri.

Setelah diberikan asuhan keperawatan selama ...x 24 jam diharapkan ansietas pasien terkontol dengan out come:
1. menunjukkan rileks dan melaporkan penurunan ansietas sampai tingkat dapat ditangani
2.menyatakan kesadaran perasaan ansietas dan cara sehat menerimanya


1.Catat petunjuk perilaku misalnya gelisah, peka rangsang, menolak, kurang kontak mata, perilaku menarik perhatian

2.Dorong menyatakan perasaan berikan umpan balik

3.Akui bahwa ansietas dan masalah mirip dengan yang diekspresikan orang lain. Tingkatkan  perhatian mendengar pasien

4.Berikan informasi yang akurat dan nyata tentang apa yang dilakukan misalnya tirah baringpembatasan masukkan peroral, dan prosedur

5.Berikan lingkungan tenang dan istirahat



6. Dorong pasien/orang terdekat untuk menyatakan perhatian, perilaku perhatian


7. Bantu pasien mengidentifikasi/ memerlukan perilaku koping yang digunakan pada masa lalu

8. Ajarkan pasien belajar mekanisme koping baru



9. Beri obat sedatif




10. Rujuk pada perawat spesialis psikiatrik, pelayanan sosial, penasihat agama
Indikator derajat ansietas/stress






Membuat hubungan terapiutik antara pasien dengan perawat

Validasi bahwa perasaan normal dapat menurunkan stres





Keterlibatan pasien dalam perencanaan perawatan memberikan rasa kontrol dan membantu menurunkan ansietas




Memindahkan pasien dari stres luar meningkatkan relaksasi, membantu menurunkan ansietas

Tindakan dukungan membantu pasien merasa stres berkurang , memungkinkan energi untuk ditujukan  pada penyembuhan/ perbaikan

Meningkatkan rasa kontrol diri pasien





Mengatasi masalah dapat membantu dalam menurunkan stres/ansietas, meningkatkan kontrol penyakit

Untuk menurunkan ansietas dan memudahkan istirahat, khususnya pasien dengan KU


Dibutuhkan bantuan tambahan untuk meningkatkan kontrol dan mengatasi episode akut/eksaserbasi dengan belajar untuk menerima penyakit kronis dan konskuensinya
5.
Nyeri akut berhubungan dengan hyperperistaltik, diare lama, iritasi kulit/jaringan, eksoriasi fisura perirektal; fistula ditandai dengan laporan nyeri abdomen kolik/kram/nyeri menyebar., perilaku berhati-hati/distraksi, gelisah, nyeri wajah, perhatian pada diri sendiri

Setelah diberikan asuhan keperawatan selama....x24 jam, diharapkan nyeri berkurang dengan kriteria hasil:
1. melaporkan nyeri hilang/terkontrol,
2.tampak rileks
 3.mampu tidur/istirahat dengan tepat

1. Dorong pasien untuk melaporkan nyeri

2. Kaji laporan kram abdomen atau nyeri, cata lokasi, lamanya, intensitas (skala 0-10). Selidiki dan laporkan perubahan karakteristik nyeri





3. Catat petunjuk non verbal mis. Gelisah, menolak untuk bergerak, berhati-hati dengan abdomen, menarik diri dengan abdomen dan depresi. Selidiki perbedaan verbal dan non verbal
4. Kaji ulang faktor-faktor yang meningkatkan atau menghilangkan nyeri


5. Izinkan pasien untuk memulai posisi yang nyaman

6. Berikan tindakan nyaman (mis. Pijatan punggung) dan aktivitas senggang

7. Bersihkan area rektal dengan sabun dan air dan berikan perawatan kulit (mis. Salep)

8. Berikan rendam duduk dengan tepat

9. Observasi distensi abdomen, peningkatan suhu tubuh, penurunan TD

10. Lakukan modifikasi diet sesuai resep

11. Berikan obat analgesik, antikolinergik dan anodin supositoria


12. Bantu dengan mandi duduk
Mencoba untuk mentoleransi nyeri


Nyeri kolitis hilang timbul pada penyakit Crohn. Nyeri sebelum defekasi sering terjadi pad KU dengan tiba-tiba, dimana dapat berat dan terus menerus. Perubahan pada karakteristik nyeri dapat menunjukkan penyebaran penyakit /terjadi komplikasi, mis: fistula kandung kemih, perforasi, toksikmegakolon

Bahasa tubuh/non verbal dapat secara psikologis dan fisiologik dapat digunakan pada hubungan verbal untuk mengidentifikasi luas/beratnya masalah



Dapat menunjukkan dengan tepat pencetus atau faktor pemberat atau mengidentifikasi terjadinya komplikasi

Menurunkan  tegangan abdomen dan meningkatkan rasa kontrol

Meningkatkan relaksasi dan meningkatkan kemampuan koping


Melindungi kulit dari asam usus, mecegah eksoriasi




Melindungi kulit dari asam usus, mecegah eksoriasi

Dapat menunjukkan terjadinya obstruksi usus karena inflamasi, edema, dan jaringan parut

Istirahat usus penuh dapat menurunkan nyeri, kram


Untuk memudahkan istirahat yang adekuat dan penyembuhan, menghilangkan spasme GI dan merileksasi otot rektal

Memberikan kesejukan lokal dan kenyamannan pada rektal
6.
Kurang pengetahuan tentang kondisi, prognosis, dan kebutuhan pengobatan berhubungan dengan kesalahan interpretasi informasi, kurang mengingat, dan tidak mengenal sumber ditandai dengan pertanyaan, meminta informasi, pernyataan salah konsep, tidak akurat mengikuti instruksi, dan terjadi komplikasi/ eksaserbasi yang dapat dicegah.

Setelah diberikan asuhan keperawatan selama......x24 jam diharapkan pasien mendapatkan pengetahuan dengan kriteria hasil:
1.menyatakan pemahaman terhadap penyakit
2.mengidentifikasi stres
3.berpartisipasi dalam pengobatan
4.melakukan perubahan pola hidup
1.Tentukan persepsi pasien tentang proses penyakit


2. Kaji ulang proses penyakit, penyebab gejala, identifikasi cara menurunkan faktor pendukung , dorong pertanyaan

3. Kaji ulang obat, tujuan, frekuensi, dosis, dan kemungkinan efek samping

4. Ingatkan pasien untuk mengobservasi efek samping obatbila steroid dberikan dalam waktu panjang

5. Tekankan pentingnya perawatan kulit

6. Menganjurkan berhenti merokok

7. Penuhi evaluasi jangka panjang dan evaluasi uang periodic

8. Rujuk ke komunitas yang tepat
Membuat pengetahuan dasar dan memberikan kesadaran kebutuhan belajar individu


Faktor pencetus/pemberat individu sehingga waspada pada faktor gejala dan memliki pengetahuan dasar



Meningkatkan pemahaman dan kerjasama dalam program penyembuhan



Steroid dapat mengontrol inflamasi namun dapat menurunkan ketahanan terhadap infeksi


Menurunkan penyebaran bakteri, iritasi kulit dan infeksi

Merokok dapat menyebabkan motilitas usus

Pasien dengan inflamasi penyakit usus berisiko kanker kolon sehingga evaluasi periodik diperlukan

Pasien mendapatkan pelayanan dalam koping dengan penyakit kronis dan evaluasi obat


DAFTAR PUSTAKA

Brunner dan Suddarth.2002.Buku Ajar Keperawatan Medikal Bedah vol 2.Jakarta:EGC
Ester, Monica.2002.Keperawatan Medikal-Bedah.Jakarta:EGC
Marliynn E, dkk. 2000. Rencana Asuhan Keperawatan Edisi 3. Jakarta. EGC. Moorhouse,Dongoes.2000.Rencana Asuhan Keperawatan.Edisi 3.Jakarta:EGC 2. Smeltzer,Suzanne.2002.keperawatan Medikal Bedah. Volume 2.Edisi 8 .Jakarta EGC

Tidak ada komentar:

Posting Komentar